Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Osama Bin Laden Bangun Gedung Terjangkung di Afrika

Kompas.com - 04/12/2014, 11:53 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Keluarga Osama Bin Laden melalui imperium bisnis konstruksi Saudi Alturki Holding Group akan mencetak sejarah baru bagi Maroko. Mereka berencana membangun pencakar langit yang menjulang 514 meter.

Jika kelak rampung terbangun, pencakar langit yang dinamakan Bin Laden Tower ini tidak saja mengubah kaki langit Casablanca, melainkan bakal tercatat sebagai gedung terjangkung di benua Afrika. 

Saat ini, rekor pencakar langit tertinggi di benua Afrika dipegang oleh Carlton Center di Johannesburg, Afrika Selatan. Gedung perkantoran ini berdiri kokoh setinggi 222,5 meter.

Untuk mewujudkan obsesinya itu, Saudi Alturki Holding Group mengalokasikan anggaran senilai 1,5 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 18,4 triliun.

Direktur Eksekutif Saudi Alturki Holding Group, Osama el-Husseiny, perusahaannya akan menerapkan teknologi konstruksi terbaru dalam merealisasikan pembangunan gedung yang mencakup 114 lantai tersebut.

"Jumlah lantai ini juga merepresentasikan dan sangat identik dengan jumlah juz atau bab dalam kitab suci Al Qur'an," terang el-Husseiny.

Selain membesut pembangunan pencakar langit, perusahaan itu juga bersiap membangun sebuah kota baru modern seluas 250 hektar di Bouskoura, sebuah kawasan yang sedang berkembang di selatan Casablanca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com