Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Warna Cat Bikin Pekerja Sulit Konsentrasi

Kompas.com - 10/11/2014, 14:07 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Meskipun Anda telah mengonsumsi beberapa gelas kopi, belum tentu mampu mengembalikan energi yang dibutuhkan. Anda pun kemudian berusaha menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan. Tapi, seringkali muncul sesuatu yang membuat Anda tidak fokus.

Jawabannya mungkin terletak di depan mata Anda, yakni warna cat dinding kantor yang salah.
Ketika memasuki lingkungan pekerjaan, warna berani tidak terlalu cocok diterapkan.

"Warna-warna seperti hijau zamrud dan biru safir, secara umum meningkatkan energi yang membuat orang lebih semangat dalam bekerja, baik bekerja sendiri ataupun berkolaborasi dengan yang lainnya. Tetapi, mereka tidak dapat berkonsentrasi," kata Sally Augustin, PhD, psikolog lingkungan.

Augustin juga mengutip studi Andrew Elliot, profesor psikologi di University of Rochester, yang menemukan bahwa paparan warna merah pekat dapat mengarah pada pengalihan konsentrasi, dan merusak fokus pada pekerjaan.

Sebaliknya, kantor yang terlalu banyak mengaplikasikan warna putih, dapat memiliki efek yang lebih buruk pada suasana hati seseorang.

"Dinding pada kantor terkadang dicat berwarna putih untuk membuat ruangan terasa lebih luas. Tetapi, cat putih ini terkadang malah membuat lingkungan terasa hampa di bawah lampu pijar," kata Erika Woelfel Direktur Pemasaran Warna untuk Behr.

Sebuah studi pada 2012 menemukan bahwa warna putih dalam ruangan di rumah sakit sangat terkait dengan penampilan yang menakutkan. Oleh karena itu, kantor ideal adalah kantor yang menggunakan satu warna halus.

"Ini sangat bergantung pada demografi. Tetapi, secara umum, orang-orang cenderung nyaman di lingkungan yang lebih menenangkan karena gaya hidup mereka yang sibuk dan berenergi tinggi. Sehingga, kami melihat ada permintaan terhadap ruang netral," kata Melanie Conant, NCIDQ dan Direktur Desain Interior untuk The Architectural Team.

Dia juga menambahkan, warna cerah digunakan sebagai aksen untuk menambah kenyamanan terhadap ruang. Sementara itu, putih keabu-abuan, adalah warna saat ini tengah populer untuk desain kantor.

Ada manfaat lain bagi penghuni kantor yang dikelilingi warna netral lembut, yaitu mata menjadi tidak cepat lelah.

"Untuk ruang kerja, warna netral dan lembut lebih baik untuk konsentrasi dan mencegah mata merasa kelelahan," kata Jackie Jorda, Director of Color Marketing for Sherwin-Williams.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com