Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Pesan, Pilih Unit, hingga Bayar Apartemen Cukup Lewat "Website"

Kompas.com - 26/09/2014, 11:29 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna internet di Indonesia tahun ini mencapai 64 juta orang. Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring perkembangan teknologi yang semakin murah dan mudah didapatkan.

Perkembangan tersebut setidaknya akan berpengaruh terhadap perilaku konsumen di Indonesia. Berdasarkan survey Synthesis Development terhadap perilaku pembeli properti, 25 persen pembeli mencari informasi tentang properti melalui internet. Adapun 23 persen sisanya berasal dari koran dan 18 persen lagi dari iklan billboard.

"Ini menunjukkan bahwa perubahan perilaku pembeli properti mulai berubah. Pemanfaatan media online untuk mencari informasi menunjukkan pembeli properti merupakan savvy customer sehingga mereka punya kemampuan untuk mengolah informasi lebih terstruktur. Anytime, anywhere, fenomena itu menjadi nilai tambah bagi pembeli di kategori ini," kata CEO Synthesis Development, Budi Yanto Lusli, kepada Kompas.com, Kamis (26/9/2014).

Untuk meningkatkan pelayanan bagi calon pembeli apartemen, lanjut Budi, Synthesis Development juga tengah mengembangkan layanan reservasi apartemen melalui layanan e-commerce. Dengan mengunjungi website www.bassuracity.com, calon pembeli tidak hanya bisa melihat semua informasi tentang apartemen Bassura City, melainkan juga bisa melakukan reservasi secara online mulai pemilihan unit sampai pembayaran.

"Website akan menjadi salah satu kanal penjualan apartemen di masa datang. Saat ini, sebagian calon pembeli sudah sangat pintar untuk mengolah informasi sehingga keputusan mereka untuk membeli jadi lebih independen", ujar Budi.

Dia menambahkan, berbagai alternatif cara pembayaran juga tersedia saat ini, mulai kartu kredit, DOKU Wallet, hingga internet banking atau clickpay. Dalam merancang layanan e-commerce, lanjut Budi, pihaknya sudah bekerjasama dengan PT Nusa Satu Inti Artha (DOKU).

"Ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang payment gateway. Mereka juga pioneer penyedia solusi pembayaran onlinedi Indonesia," ujar Budi.

Didirikan pada 2007, DOKU sampai saat ini sudah bekerjasama dengan beberapa bank terkemuka. Perusahaan tersebut memiliki banyak rekam jejak yang mapan dalam merancang, mengintegrasikan dan mengoptimalkan sistem transaksi perdagangan di berbagai industri.

"Bassura memang merchant property pertama kami. Melalui kerjasama ini kami berharap dapat memberikan kemudahan bagi calon pembeli ketika memesan unit apartemen atau membayar biaya-biaya awal, misalnya booking fee," kata Himelda Renuat, Chief Marketing Officer DOKU.

Bassura City merupakan kawasan superblock (mixed use development) di kawasan Jakarta Timur. Sampai saat ini, nilai penjualan unitnya sudah sold out 80 persen. Tahun ini, rata-rata penjualannya setiap bulan mencapai 100 unit apartemen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com