Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Punya ATM untuk Membayar Sewa Rusun?

Kompas.com - 24/09/2014, 15:33 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang dikembangkan oleh Perum Perumnas dikelola secara manual, yaitu melayani pembayaran sewa unit melalui loket pembayaran. Untuk meningkatkan pelayanan para penghuni rumah susun, Perumnas bekerja sama dengan BRI mengaktifkan BRI Virtual Account (BRIVA).

Direktur Bisnis Kelembagaan dan BUMN BRI Asmawi Syam mengatakan, para penghuni rusunawa akan memegang kartu ATM berisi 15 digit kode. Selain untuk membayar sewa, kartu tersebut juga bisa digunakan menabung atau tarik tunai.

"Sebenarnya itu kartu ATM biasa, hanya fungsinya ditambah. Harusnya ada dua kartu, rekening kartu dan Virtual Account. Ini dijadikan satu," kata Asmawi usai acara 'Sinergi BUMN: Peluncuran Pembayaran Sewa Online Penghuni Rusunawa Perumnas Melalui BRI Virtual Account' di Rumah Susun Sewa Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (23/9/2014).

Asmawi menjelaskan, pada kartu ATM lainnya fungsi BRIVA tidak diaktifkan. Pada kartu ini, BRIVA telah didaftarkan sehingga penghuni hanya perlu memasukkan 15 digit kode Perumnas.

Pada saat akan membayar, lewat ATM misalnya, layar akan menampilkan jumlah yang harus penghuni bayarkan. Setelah membayar, uang sewa itu secara otomatis masuk ke rekening Perumnas.

"Ini memudahkan Perumnas untuk mengalokasikan. Supaya (penghuni) yang menunggak kelihatan juga," kata Asmawi.

BRIVA, lanjut dia, merupakan virtual account perbankan dengan sistem real-time online. Dengan begitu,seluruh pembayaran dapat dengan mudah dilakukan pengawasan dan pemantauan.

Saat ini, dengan program tersebut seluruh penghuni rusun akan memperoleh nomor rekening virtual account. Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai cara yakni mendatangi langsung kantor cabang BRI di 10.000 jaringan kerja, lewat ATM, internet, ataupun mobile banking.

Sementara itu, Direktur Utama Perumnas, Himawan Arif mengatakan akan sesegara mungkin memberikan sosialisasi pada seluruh penghuni. Dia juga mengatakan, bahwa sistem tersebut tidak akan mempengaruhi tarif sewa unit rusunawa.

"Dengan adanya virtual account ini tidak akan dinaikkan biaya sewanya. Kami menjamin tarifnya tetap," kata Himawan.

Selain itu, dia menuturkan, pembayaran secara tunai masih dilayani sampai batas waktu tertentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com