Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Polisi Ini Dibangun dari Kertas

Kompas.com - 08/09/2014, 17:05 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Bangunan ini mengakomodasi layanan keselamatan publik untuk daerah perkotaan yang berpenduduk satu juta orang. Tanah yang berlokasi di Miribilla, Spanyol, ini tidak stabil.

Seperti yang dikutip Archdaily, arsitek Coll-Barreu Arquitectos mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan karena tanah itu sempat digunakan sebagai tambang terbuka dalam waktu singkat, dengan lubang-lubang kedalaman hingga 50 m, dan membentuk gua dalam realitas fisik dan memori.

www.archdaily.com Tanah itu sempat digunakan sebagai tambang terbuka dalam waktu singkat, dengan lubang-lubang kedalaman hingga 50 m, dan membentuk gua dalam realitas fisik dan memori.
Hulu, lokasi tambang lainnya yang telah berubah juga terlihat dari Policemen House, yang menegaskan sejarah pertukaran antara materi dan tanah, kehidupan kota dan pekerja, serta densifikasi wilayah dan udara. Bidang yang menyambungkan kantor polisi itu terlihat dari daerah yang jauh. Bidang ini mengeratkan bidang-bidang lain yang menyesuaikan bangunan yang berdiri pada topografi lereng yang curam.

Di atas tempat yang labil itu, bangunan tidak memiliki massa apapun. Lembaran aluminium yang dilipat, memperoleh cukup kestabilan yang didukung di udara. Pembangunan ini menggunakan sistem lapisan dengan kertas.

"Hal ini sesuai bahwa kantor polisi terbuat dari kertas, dan itu adalah bagian dari kontrak demokrasi kita: polisi adalah selembar kertas. Bangunan kami dari kertas, karena mereka keamanan kita, keyakinan kita, masyarakat kita," kata Arquitectos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com