Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbang Barat Itu Ada di Pontianak

Kompas.com - 13/08/2014, 09:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Selain Batam, Pontianak punya posisi strategis menjadi pembuka jalan bagi pertumbuhan ekonomi, termasuk sektor properti wilayah Indonesia bagian barat. Ibu kota Kalimantan Barat ini juga sarat potensi untuk dikembangkan menjadi pusat pertumbuhan bisnis baru dalam skala Nasional.

Demikian dikatakan Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, terkait potensi dan tantangan Pontianak serta kota-kota lainnya di Kalimantan, kepada Kompas.com, Selasa (12/8/2014).

Menurut Ferry, Pontianak punya semua syarat untuk menjadi lebih pantas dilirik investor properti. Kondisi infrastruktur dengan kekuatan pada Bandara Internasional Supadio dan Pelabuhan Pontianak yang terletak ditepi sungai Kapuas, menjadi urat nadi dan stimulan pertumbuhan kota.

"Selain itu, sumber daya alamnya juga sangat berpotensi menarik lebih banyak lagi investor properti menggarap Pontianak. Hinterland  kota didominasi perkebunan, kehutanan, sektor pertambangan serta industri pengolahan bahan mentah skala besar. Perusahaan-perusahaan tersebut tentu saja mempekerjakan karyawan yang butuh hunian, hiburan, dan sejenisnya," tutur Ferry.

Kebutuhan hunian, ruang konsumsi (ritel/pusat belanja), kawasan industri, perhotelan, dan properti komersial lainnya akan semakin meningkat ketika Trans Kalimantan sebagai infrastruktur utama penghubung antarkota terealisasi. Namun, sebelum itu pun, mobilitas pebisnis dan pelancong menuju kota ini sudah berlangsung dinamis.

Data yang diperlihatkan Sekretaris DPD Real Esate Indonesia (REI), Sabar SP Tambunan, menguatkan hal itu. Menurut dia, tingkat okupansi hotel di Pontianak mencapai 65 persen, atau lebih tinggi dari rerata tingkat okupansi provinsi sekitar 53,75 persen.

"Selain itu, produk perumahan kelas menengah juga laku keras. Rumah-rumah seharga Rp 300 juta, Rp 600 juta dan bahkan Rp 1 miliar terserap pasar. Belum lagi rumah subsidi dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) selalu terjual habis," ungkap Sabar.

Sayangnya, kata Sabar, meskipun kebutuhan tinggi, namun tidak disertai pasokan yang memadai. Hingga saat ini Pontianak dan Kalimantan Barat kekurangan sekitar 3.000 hingga 5.000 unit rumah per tahun.

Padahal minat untuk membangun sangat tinggi, terutama dari pengembang lokal dan juga pengembang nasional. Sebut saja Ciputra Group yang akan membangun perumahan yang terintegrasi dengan kawasan komersial. Demikian halnya dengan Lippo Karawaci yang membangun pusat belanja, hotel, dan rumah sakit.

"Perizinan menjadi kendala besar yang menghalangi kota ini berlari kencang. Pemerintah daerah  tidak mendukung investasi subsektor perumahan, terutama kelas menengah. Perizinan tidak melalui prosedur yang efektif dan juga berbiaya tinggi. Ini tidak ramah investasi," ucap Sabar.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com