Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amsterdam, Surga Para Pesepeda

Kompas.com - 13/07/2014, 15:45 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tak ada yang menampik bahwa Amsterdam, Belanda, merupakan surga bagi para pesepeda. Kota ini menyediakan jalur khusus untuk sepeda (bike line) sebanyak 175 rute dengan bentang 93.427 kilometer.

Bersepeda di Amsterdam, Anda akan mengalami denyut kota yang nyaman, aman, damai, dan tenang. Ke mana pun tujuan Anda, bersepeda di kota ini akan sangat menyenangkan dan terhindar dari kemungkinan tersasar. Di setiap awal dan penghujung rute terdapat papan penunjuk jalan yang jelas dan terukur.

Pun bila Anda mengalami masalah selama dalam perjalanan, seperti ban bocor atau setang bengkok, di setiap pemberhentian terdapat bengkel sekaligus toko sepeda yang menyediakan berbagai perlengkapan dengan harga miring.

Tak mengherankan, kalau ibukota Belanda ini selalu didapuk sebagai kota terbaik dan paling ramah pesepeda versi Copenhagenize Index.

Copenhagenize merupakan perusahaan konsultasi dan komunikasi yang mengkhususkan diri dalam segala hal yang berhubungan dengan bersepeda. Perusahaan memberikan penghargaan Copenhagenize Index berupa pemeringkatan terhadap kota-kota ramah sepeda di dunia.

Amsterdam menjadi terbaik pada 2011, dan 2013. Kota ini unggul hampir di semua kategori. Kategori itu termasuk advokasi, budaya sepeda, fasilitas bersepeda, infrastruktur, program berbagi sepeda, gender split, berbagi modal, meningkatkan pangsa modal sejak tahun 2006, persepsi keamanan, politik, penerimaan sosial, perencanaan kota, dan lalu lintas yang menenangkan.

Desain infrastruktur kota ini dirancang sangat kompak. Menandakan bahwa kemauan politik para pemangku kepentingan sangat positif dalam memperhatikan warganya. Mereka secara berkala memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana kota. Amsterdam kini menambah zona aman bagi para pesepeda sepanjang 30 kilometer. Bertambahnya jalur ini, jelas memperlambat "ritme" hidup kota, akan tetapi sekaligus berdampak pada bertambahnya tingkat keamanan dan kenyamanan bagi warganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com