Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, Tiongkok Bakal Membangun Menara Sejoli 1 Kilometer!

Kompas.com - 17/06/2014, 18:26 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Dubai boleh saja punya pencakar langit tertinggi di dunia Burj Khalifa yang menjulang 828 meter dan Jeddah bakal menumbangkan rekor itu dengan membangun Kingdom Tower setinggi 1 kilometer.

Namun, Tiongkok bakal menggemparkan jagat raya dengan menara kembar Phoenix Towers yang dibangun Huayan Group.

Tak main-main, ketinggian menara ini mencapai 1.000 meter! Phoenix Towers dirancang oleh Chetwood Architects, kantor arsitek yang berbasis di Inggris. Konsep struktur superjangkung tersebut, dilengkapi dengan turbin angin, panel surya, cerobong termal dan sistem pemanenan air hujan. Semua fitur tersebut akan menjadi katalis lingkungan di kota Wuhan.

Phoenix Towers berada di area seluas 47 hektar di sebuah pulau yang dikelilingi danau. Ketinggian menara kembar ini akan sejajar dengan struktur megatall  lainnya yang didesain Adrian Smith+Gordon Gill Architects yakni Kingdom Tower. Kelak, jika sudah rampung konstruksinya, maka akan menajdi sejoli tertinggi di dunia.

Menara kembar ini terinspirasi oleh simbol tradisional Tiongkok yang mengawinkan prinsip laki-laki dan wanita dalam keseimbangan yang sempurna. Sang arsitek merancang kedua struktur ini saling tergantung.

Unsur laki-laki (feng) dan wanita (huang) disatukan dalam energi terbarukan. Keduanya secara bersamaan bertindak sebagai mercusuar bagi pembangunan keberlanjutan di kota Wuhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com