Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Banjir? Bangun Rumah Panggung Modern...

Kompas.com - 26/05/2014, 18:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Siapa bilang rumah panggung tak bisa tampil modern? Ben Adam Architects menyangkal hal tersebut lewat hasil karya sebuah hunian di tepi Sungai Thames, Weybridge, Inggris.

Hunian bernama "Chiquet Flood House" tersebut memiliki ketinggian 2,3 meter di atas permukaan tanah. Ketika air Sungai Thames meluap, terdapat ruang yang cukup lapang hingga air tidak langsung membanjiri isi rumah.

Protoripe rumah ini menggantikan bangunan sebelumnya yang sudah berdiri di lokasi. Karya Ben Adams Architects menyediakan lingkungan dan cara hidup lebih baik untuk penghuninya. Pasalnya, selain bisa mengantisipasi bajir akibat naiknya permukaan sungai sewaktu-waktu rumah ini pun "dibanjiri" sinar matahari yang segar.

Ben Adams Architects Sebuah pintu berukuran besar membawa pemilik rumah ke ruang keluarga. Pintu menghadap Sungai Thames tersebut berada di samping jendela yang tidak kalah besar.

Pintu berukuran besar berada di bagian selatan, atau bagian yang menghadap sungai. Di bagian serupa juga terdapat jendela sangat besar, dan tangga menuju permukaan tanah. Adanya ruang antara tangga dan pintu masuk menyisakan teras mungil di depan rumah ini. Ketika banjir sekalipun, pemilik rumah masih bisa bersantai di teras tersebut.

Ben Adams Architects Skylight atau jendela di bagian atap membuat interior rumah karya Ben Adams Architects terasa terang

Selain itu, seperti sudah disebutkan sebelumnya, interior rumah ini pun "dibanjiri" oleh sinar matahari. Selain dari jendela berukuran besar di muka rumah, sinar matahari juga datang dari skylight atau jendela atap. Di siang hari, pemilik rumah tidak perlu menyalakan lampu. Sinar matahari terasa lebih terang dengan cat dinding berwarna putih di seluruh ruangan.

Berbeda dengan interior rumah, bagian eksterior memiliki dua pelapis berlainan. Bagian yang menghadap sungai ditutup oleh kayu. Sementara, bagian yang menghadap jalan dicat dengan menggunakan warna putih. Keduanya menjadi perpaduan apik.

Ada penampilan, ada kualitas, tentu ada harganya pula. Proyek yang diselesaikan pada 2011 lalu ini dibangun dengan anggaran sebesar 400.000 Poundsterling atau sekitar Rp 7,8 miliar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com