Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Kalah Cepat dengan Investor, Pilih Apartemen Incaran Anda!

Kompas.com - 12/04/2014, 16:18 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apartemen dengan potensi pertumbuhan harga tinggi sudah pasti akan diincar para investor. Hunian jangkung di wilayah pusat, dan selatan Jakarta, yang didominasi kelas menengah adalah obyek investasi utama. Sementara apartemen di wilayah barat, utara dan timur menjadi instrumen investasi alternatif.

Mengapa demikian? Menurut Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, apartemen-apartemen yang tersedia di kedua wilayah tersebut, menawarkan pertumbuhan harga sekitar 20-25 persen. Selain itu, transaksi penjualan pun terbilang paling aktif.

"Apartemen yang menjadi sasaran investasi para investor adalah apartemen menengah dengan harga jual antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per meter persegi. Apartemen dengan rentang harga jual seperti ini banyak terdapat di kawasan pusat dan selatan Jakarta," papar Ferry, Senin (7/4/2014).

Pendapat berbeda dikemukakan praktisi pengelola apartemen, Edwin O Gobel dari PT Prima Buana Internusa. Menurutnya, apartemen dengan rentang harga Rp 300 juta hingga Rp 800 juta justru lebih menggiurkan dan menjanjikan keuntungan cepat. Pasalnya, apartemen kelas ini diperebutkan tidak saja oleh investor, melainkan pengguna akhir (end user).

"Apartemen-apartemen seharga itu, seperti Kalibata City, Lavande, Thamrin Residence, Tamansari, dan satu level dengannya menjanjikan peningkatan harga dua kali lipat. Saat ini, apartemen-apartemen tersebut berada pada harga Rp 600 juta hingga Rp 1,5 miliar per unit di pasar seken," papar Edwin, Jumat (11/4/2014).

Nah, bila Anda tak ingin kalah cepat dengan para investor yang sudah pasang kuda-kuda membidik sasaran investasi mereka, ada baiknya menelusuri daftar apartemen yang sedang dibangun berikut ini yang juga berpotensi mengalami kenaikan nilai jual:

Apartemen Rp 15 juta-Rp 30 juta/m2

Kemang Village (Tower Infinity), Sentra Timur Residence, Pakubuwono Terrace (Tower North), Sherwood Apartment (Wellington), Woodland Park (Tower matoa), Veranda, Vittoria Residence, Maqna Residence, Kebayoran Icon, One Otium, Foresque Apartment, The Batik @ Pejaten, dan Wang Residence.

Anda juga bisa memilih Pasar Baru Mansion, Elpis Residence, Capitol Park, The Mansion at Dukuh Golf, The Green Pramuka, Titanium Square, The Hive @ Tamansari, Pluit Seaview, Gading Greenhill, Northern Ancol Residence, The Aspen Admiralty, LA City Apartment, The Belleview Pondok Indah, Green Central, Sky Terrace Lagoon, Metro Park, dan Green Palma Residence.

Menyusul Pejaten Park, Signature Park Grande, Gold Coast Apartment, East Park, Eastonia, Green Signature, Bassura City, Teluk Intan, Tifolia, Callia, Green Bay Pluit, Nine Residence, Providence Park, The Royal Olive Residence, Izzara, Lexington Residence, Belmont Residence, GIanetti Apartment, Satu* Residence, The Nest, Point 8, Gallery West, dan Madison Park.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com