Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini, Trik Memilih Lampu di Ruang Makan!

Kompas.com - 05/04/2014, 15:47 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Pemilik rumah biasanya sudah terlalu sibuk memilih furnitur hingga lupa melengkapi rumahnya dengan pencahayaan yang tepat, terutama di ruang-ruang "transisi", misalnya foyer (area pintu masuk), lorong, dan ruang makan. Desainer Estee Stanley sadar bahwa pemilihan pencahayaan yang tepat merupakan hal penting.

Tidak hanya penampilan sebuah ruangan, nuansa dan mood di ruangan tersebut akan sangat dipengaruhi oleh pencahayaan. Berikut ini panduan mudah bagi Anda yang ingin memilih pencahayaan di ruang makan.

"Ketika memilih lampu untuk ruang-ruang makan, menciptakan mood bagi pengalaman menyantap makanan adalah hal penting," ujar Stanley. "Secara pribadi, saya menggunakan ukuran dan gaya meja makan sebagai titik mula bagi jenis pencahayaan pilihan saya."

Stanley juga mengatakan perlunya menyeimbangkan skala dan proporsi antara lampu di ruang makan dengan ukuran ruang tersebut. Hal ini memberikan banyak keuntungan, misalnya seluruh ruangan bisa mendapat cahaya seimbang, dan tidak ada sudut gelap di ruangan.

Lantas, bagaimana dengan gaya lampu tersebut? Di restoran-restoran, Anda tentu menyadari penggunaan lampu gantung dramatis yang mempercantik ruangan dan membuat kegiatan menyantap makanan jadi lebih istimewa. Menurut Stanley, Anda juga bisa membawa hal ini ke ruang makan di rumah.

"Menggunakan chandelier (lampu gantung) dramatis di pusat meja merupakan cara elegan dan chic untuk menyatukan seuruh ruangan bersama sekaligus menyediakan cahaya yang cukup di atas meja," ujarnya.

Namun, jika enggan menggunakan lampu gantung klasik dan dramatis, Stanley mengajak Anda mencoba mengelompokkan beberapa lampu gantung dengan ketinggian berbeda untuk menarik perhatian ke pusat meja. Cara ini bisa membuat meja makan dan lampu tersebut menjadi titik fokal ruang makan.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan lampu-lampu dinding untuk menonjolkan hiasan dinding, cermin, maupun sekadar untuk membuat ruang makan tampak lebih gaya. Cermin bisa memantulkan cahaya temaram dari pencahayaan yang memang dikhususkan untuk membangun mood di ruang makan.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com