Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang "Pede", Pasar Bebas ASEAN Tak Berpengaruh

Kompas.com - 26/02/2014, 10:59 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kurang dari setahun, Asia Tenggara bakal menjadi kawasan regional nirbatas. Negara-negara di kawasan ini akan terintegrasi secara ekonomi, keamanan politik, dan sosial budaya.

Khusus untuk ekonomi, perwujudannya diimplementasikan dalam ASEAN Economic Community (AEC). Namun, bagaimana kemudian para pelaku bisnis dan industri properti menyikapi komunitas ekonomi tunggal ASEAN ini?

Direktur Utama PT Telkom Landmark Tower, Bayu S Utomo, menyatakan, sebelum atau kelak AEC berlaku, bisnis dan industri properti Indonesia tetap berjalan mengikuti kondisi permintaan dan pasokan (supply and demand) domestik.

"Pasar Indonesia didorong oleh kebutuhan domestik yang terus menguat. Bahkan, saat krisis 2008 lalu, permintaan tetap ada. Kebutuhan domestik di sektor properti masih terlalu kuat, sehingga AEC tak berpengaruh menciptakan perbedaan kondisi pasar," ujar Bayu di sela RICS ASEAN Real Estate and Construction Summit di Jakarta, Selasa (25/2/2013).

Bayu mengatakan, tidak ada negara yang bisa menyaingi tekanan kompetisi di Indonesia. Negara ini merupakan pasar yang sangat besar untuk dimasuki developer asing asal Asia Tenggara.

"Jadi, kami tidak akan terpengaruh. Keadaan akan sama saja, tidak ada perubahan signifikan yang memungkinkan pengembang asing mengambil alih peran kami," katanya.

Kalau pun pengembang asing berminat masuk Indonesia, ujar Bayu, harus mengenal lingkungan dan iklim bisnis properti dengan baik, termasuk di dalamnya masalah perolehan lahan, dan perizinan.

"Selama ini, secara koporat mereka beroperasi dengan menggandeng pengembang lokal. Meskipun dalam pembelian lahan dan akuisisi aset properti tak dilarang sebagaimana halnya pelarangan kepemilikan oleh individu asing, namun pengembang mancanegara lebih memilih opsi kerjasama," ujar Bayu.

Selain itu, Bayu menambahkan, jangan dilupakan bahwa pengembang adalah investor yang rasional. Mereka pasti melihat potensi pengembalian investasinya layak atau tidak.

"Pasti akan selalu ada batasnya, tidak lantas arus investasi asing deras mengalir. Kalau pun pengembang asing menggarap pasar Indonesia, akan menciptakan produk dengan harga lebih tinggi," kata Bayu.

Hal senada dikemukakan Country Director Jones Lang LaSalle Indonesia, Todd Lauchlan. Menurutnya, fundamental pasar properti Indonesia saat ini dalam kondisi sangat baik dan memungkinkan untuk terus tumbuh. Hal ini terlihat dari tingkat permintaan, pasokan dan harga sewa properti komersial perkantoran yang menunjukkan kurva positif.

"Pertumbuhan ekonomi, kenaikan jumlah kelas menengah dan pendapatan per kapita akan membuat daya saing Indonesia lebih tinggi dan diperhitungkan," ujar Todd.

Terlebih, saat ini, khusus perkembangan harga sewa properti komersial, Jakarta lebih tinggi ketimbang Kuala Lumpur, Bangkok, dan Manila. Jadi, menurut Todd, potensi properti Indonesia masih positif.

Kondisi tersebut menstimulasi terjadinya arus masuk modaldari Singapura dan Hongkong. Mereka menjadikan Jakarta sebagai lahan garapan.

"Kendati terjadi perlambatan pada awal tahun 2014, hanya sementara. Setelah Pemilihan Umum, permintaan akan menguat. Ini sama seperti Pemilihan Umum 2004-2009, di mana net take up mengalami pemulihan setelah terpilihnya Presiden," tandas Todd.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com