Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Gedung Perusak Jaguar Dilapisi Sirip Aluminium

Kompas.com - 14/02/2014, 14:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber ITV
KOMPAS.com - Masih ingat dengan peristiwa heboh, sebuah gedung yang mampu melumerkan mobil Jaguar? Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya sang pengembang, Land Securities dan Canary Wharf Group memilih opsi menghentikan "proses pengrusakan" dengan  memasang sistem brise soleil.

Pengembang akhirnya memasang sirip aluminium horisontal mulai dari lantai tiga hingga 34. Sistem brise soleil ini diyakini dapat menyerap dan menyebarkan sinar matahari serta menghetikan pendarannya hingga ke lantai bawah.

Lewis Whyld/PA Wire Pengembang akhirnya memasang sirip aluminium horisontal mulai dari lantai tiga hingga 34. Sistem brise soleil ini diyakini dapat menyerap dan menyebarkan sinar matahari serta menghetikan pendarannya hingga ke lantai bawah.
Paparan sinar matahari yang dipantulkan kaca pada bangunan ini, diketahui merupakan penyebab gelembung panas yang melelehkan mobil Jaguar. Tak hanya itu, mereka yang bekerja di sekitar distrik keuangan dan melewati gedung ini akan merasakan atmosfer panas luar biasa.

Bahkan, seorang pria mengatakan kepada ITV London bahwa ia mencatat suhu hingga 50 derajat Celcius di trotoar di bawah gedung "Walkie Talkie" ini. Panasnya suhu di bawah gedung, sanggup membuat telor yang diceplokkan di atas wajan teflon, matang seketika.

Laura Lean/City AM Spion Jaguar yang meleleh.
Adapun rencana memasang sistem brise soleil  telah diajukan kepada Pemerintah Kota London untuk disetujui. Pemasangan aluminium horisontal diperkirakan memakan waktu sekitar enam bulan. Sementara konstruksi struktur bakal dikebut hingga dapat beroperasi sesuai jadwal yakni Maret 2014.

Untuk diketahui, gedung pencakar langit setinggi 37 lantai yang berada di distrik keuangan paling beken di London, yakni Fenchurch Street, dijuluki "Walkie Talkie", karena bentuknya menyerupai alat telekomunikasi.

Pada September 2013 lalu, gedung ini melelehkan mobil Jaguar di beberapa bagian, seperti spion, badan hingga bemper mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ITV
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com