Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khusus Difabel, Perhatikan Dudukkan Toilet dan Posisi Wastafel!

Kompas.com - 06/02/2014, 16:41 WIB
KOMPAS.com - Selain akses dan ukuran, pertimbangan material dan sudut tajam, serta pemakaian railing, masih ada hal lain yang penting diperhatikan untuk mengamodasi kebutuhan kaum difabel di kamar mandi. Kebutuhan itu tentu berbeda dengan orang pada umumnya.

Standar ketinggian

Ketinggian standar dudukan kursi roda adalah 480 mm dari permukaan lantai, sedangkan ketinggian standar dudukan toilet adalah 430mm. Dengan perbandingan ketinggian seperti itu, tidak terlalu sulit untuk berpindah dari kursi roda ke dudukan toilet.

Lalu, bagaimana jika ingin kembali ke kursi roda?

Untuk berpindah, pengguna harus mengandalkan kekutan tangannya untuk mengangkat seluruh badannya. Atau, Anda harus membantu orang tersebut untuk kembali ke kursi rodanya. Kemungkinan lainnya adalah Anda harus menyediakan toilet dengan ketinggian sesuai.

www.shutterstock.com Ketinggian standar dudukan kursi roda adalah 480 mm dari permukaan lantai, sedangkan ketinggian standar dudukan toilet adalah 430mm. Dengan perbandingan ketinggian seperti itu, tidak terlalu sulit untuk berpindah dari kursi roda ke dudukan toilet.
Posisi wastafel

Beberapa penyandang difabel bisa saja harus mencuci tangannya terlebih dahulu sebelum merapikan pakaiannya kembali. Untuk itulah, keterjangkauan wastafel dari toilet merupakan salah satu hal yang penting diperhatikan.

Untuk memperkirakannya, Anda dapat mencoba jangkauan terjauh Anda dari toilet tanpa harus kehilangan keseimbangan. Oleh karena itu, posisi basin harus ditempatkan dekat dengan toilet.

Selain itu, tingginya juga harus dibuat sedikit lebih rendah daripada tinggi standar. Posisi keran yang ada di wastafel juga harus memungkinkan untuk dicapai dari toilet.

(Roria Simorangkir)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber IDEA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com