Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekstra Perhatian di Kamar Mandi untuk Kaum Difabel!

Kompas.com - 06/02/2014, 11:21 WIB
KOMPAS.com - Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang kemungkinan terjadinya kecelakaan cukup besar. Kemungkinan kecelakaan tersebut semakin besar jika penggunanya adalah penyandang cacat.

Tentunya, kebutuhan ruang yang harus dipenuhi untuk kaum difabel juga berbeda dengan orang pada umumnya. Kebutuhan ruang, fixture, dan kemudahan bergerak merupakan beberapa syarat utamanya. Oleh karena itu, dibutuhkan desain khusus untuk mengakomodasi kebutuhan mereka.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merancang kamar mandi bagi kaum difabel dan bisa juga dijadikan panduan merancang kamar mandi untuk manula:

www.houzz.com Railing atau lintasan merupakan hal penting ada di kamar mandi yang dirancang khusus kaum difabel. Railing berguna untuk membantu menuntun pengguna dalam bergerak.
Akses dan ukuran

Pintu yang digunakan untuk kamar mandi sebaiknya yang dibuka ke arah luar ruangan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna untuk keluar dan masuk dari kamar mandi. Jika arah pintu dibuat ke dalam, semakin besar ruang yang dibutuhkan untuk mengakomodasi pengguna.

Kamar mandi penyandang difabel dan manula umumnya berukuran lebih besar. Salah satu alasannya adalah kebutuhan ruang untuk kursi roda melakukan perputaran. Untuk itulah, ukuran kamar mandi harus didesain agar penggunanya dapat bergerak dengan kursi roda tanpa terhalang apapun

www.houzz.com Material-material yang digunakan itu sebaiknya memiliki permukaan kasar atau tidak licin. Selain itu, bentuk-bentuk yang ada di dalam kamar mandi juga tidak memiliki sudut-sudut tajam. Hal ini akan meminimalkan luka yang mungkin terjadi jika terjadi kecelakaan.
Material dan sudut tajam

Untuk kaum difabel atau yang sudah tua, kemungkinan terjadinya kecelakaan semakin besar di kamar mandi. Dengan demikian, pemilihan material sudah pasti harus Anda pikirkan dengan matang.

Material-material yang digunakan itu sebaiknya memiliki permukaan kasar atau tidak licin. Selain itu, bentuk-bentuk yang ada di dalam kamar mandi juga tidak memiliki sudut-sudut tajam. Hal ini akan meminimalkan luka yang mungkin terjadi jika terjadi kecelakaan.

Adanya railing

Railing atau lintasan merupakan hal penting ada di kamar mandi yang dirancang khusus kaum difabel. Railing berguna untuk membantu menuntun pengguna dalam bergerak.

Anda dapat menggunakan baja hollow berdiameter 5cm untuk railing ini. Bentuk tekukkan yang mungkin ada sebaiknya dibuat tanpa sudut. Beberapa posisi yang membutuhkan railing antara lain area dekat toilet, area shower, atau bak mandi, dan dekat wastafel.

Railing tersebut harus memiliki warna yang kontas dengan warna sekitarnya. Jika kamar mandi berwarna putih, railing harus berwarna hitam.

(Roria Simorangkir)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com