Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Bangun Toko Buku dan Perpustakaan Terbuka

Kompas.com - 30/01/2014, 17:41 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Buku dan pecinta buku umumnya berada di dalam ruangan. Alexander dan Daria Kudmova Butahinoy dari Ruetemple Architectural Studio mencoba mendobrak hal tersebut. Mereka membuat tiga "perpustakaan" luar ruangan di Rusia, tepatnya di Taman Muzeon. 
 
Kreasi pertama sengaja didesain sebagai kios untuk menjual buku. Di kios tersebut, mereka menyediakan tempat penyimpanan buku sekaligus tempat duduk bagi calon pembeli buku. Kios ini pun dilengkapi dengan penutup kaca. 

www.dwell.com Perpustakaan luar ruang, di Rusia.
Pada siang hari, penutup tersebut bisa melindungi buku dari paparan sinar matahari langsung, sementara di malam hari kaca tersebut tidak hanya mampu melindungi buku, namun juga membuatya jadi pajangan menarik.

Kreasi kedua berukuran lebih besar. Perpustakaan luar ruangan tersebut dibangun di Taman Muzeon, Moskow, Rusia. Perpustakaan ini menawarkan area yang lebih luar untuk menyimpan lebih banyak koleksi buku dan tempat membaca lebih nyaman. Tidak hanya privasi, perpustakaan ini pun membuat para pembaca tetap nyaman dengan menyediakan sirkulasi udara berupa jendela-jendela mungil di antara rak buku. Perpustakaan ini pun menyediakan bar bagi mereka yang ingin membaca buku dan menghabiskan malam sembari menenggak sebotol bir.

www.dwell.com Perpustakaan luar ruang, di Rusia.
Kreasi ketiga bentuknya menyerupai roda raksasa. Perpustakaan mungil berkonsep bangku taman ini membuat pembaca buku dapat membaca buku sembari dikelilingi oleh banyak buku di sekitarnya. Roda raksasa ini dilapisi dengan permukaan tembus pandang. Jadi, sinar matahari bisa menyelinap ke dalam dan menerangi orang yang tengah membaca di dalamnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com