Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen Murah di Perancis Berdesain Istimewa

Kompas.com - 22/01/2014, 17:36 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Perancis punya sejarah panjang dalam usaha merumahkan warganya. Negara tersebut mencanangkan program Habitations à Loyer Modéré (HLM) untuk menyediakan hunian layak bagi penduduknya.

Hingga 1 Januari 2010, negeri mode ini sudah memiliki 4,508 juta HLM. Namun, ada yang menarik. Perancis kini memiliki hunian vertikal dengan bentuk yang lebih fleksibel, unik, dan istimewa.

www.designboom.com Bertempat di Montpelier, Prancis, Logements ZAC de Port Marianne merupakan sebuah pengembangan residensial berjumlah dua tower. Meski sekilas tampak seperti gedung apartemen biasa, apartemen ini tampil istimewa dengan jendela miring dan sistem kulit ganda.
Bertempat di Montpelier, Perancis, Logements ZAC de Port Marianne merupakan sebuah pengembangan residensial berjumlah dua tower.

Meski sekilas tampak seperti gedung apartemen biasa, tempat ini tampil istimewa dengan jendela miring dan sistem kulit ganda.

www.designboom.com Jendela-jendela yang tampak miring di sekujur apartemen sebenarnya merupakan kulit kedua yang berfungsi melindungi setiap unit apartemen dari sinar matahari dan memberikan ruang untuk akses udara.
Apartemen tersebut dibuat oleh kelompok arsitek Emmanuel Combarel and Dominique Marrec (ECDM). Jendela-jendela yang tampak miring di sekujur apartemen sebenarnya merupakan kulit kedua yang berfungsi melindungi setiap unit apartemen dari sinar matahari dan memberikan ruang untuk akses udara dan penghuni.

Program ini meliputi 40 unit apartemen yang menempati area seluas 2.997 meter persegi. Di area tersebut tidak hanya tersedia tumpukan hunian, tetapi juga berbagai vegetasi yang memenuhi area-area kosong, termasuk area roof atau atap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com