Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Menyewa Rumah Tahun Ini?

Kompas.com - 11/01/2014, 16:05 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Pilihan menyewa rumah bukanlah sebuah kesalahan. Sama seperti keputusan finansial lain yang sudah diambil dengan penuh perhitungan dan kehati-hatian, Anda mungkin menganggapnya sebagai solusi paling efektif.

Apapun alasan Anda, bagi Anda yang masih menyewa rumah, mulailah tahun 2014 dengan beberapa resolusi sederhana berikut ini. Mungkin, beberapa langkah berikut bisa Anda jadikan panduan:
 
Pertama, temui tetangga Anda. Jika Anda baru pindah ke lingkungan atau apartemen baru, tidak ada salahnya menyapa dan memberikan bingkisan sederhana sebagai perkenalan. Bahkan, hanya muncul sesekali, memperkenalkan diri, dan ikut berbincang bersama tetangga Anda merupakan hal yang baik. Anda tidak tahu kapan Anda membutuhkan mereka, atau sebaliknya.
 

www.shutterstock.com Pastikan hunian Anda tertata rapih. Huffington Post mencatat, bagi sebagian penyewa apartemen, menjaga apartemen tetap rapih adalah tantangan tersendiri.
Kedua, pastikan hunian Anda tertata rapih. Huffington Post mencatat, bagi sebagian penyewa apartemen, menjaga apartemen tetap rapih adalah tantangan tersendiri.

Terbatasnya luas hunian membuat hal ini makin rumit. Namun, tahun baru mampu menjadi momen yang tepat untuk mulai menyortir barang, menyingkirkan barang berlebih, dan membuat apartemen lebih nyaman ditempati.

Ketiga, jika Anda berbagi rumah atau apartemen dengan teman Anda, mulailah luangkan waktu bersama mereka. Setidaknya, sediakan satu hari khusus untuk bertukar pikiran atau sekedar merencanakan persediaan makanan atau menonton film bersama di apartemen.
 
Keempat, usahakan membayar sewa tepat waktu. Jangan beri toleransi bagi diri Anda. Terlambat satu hari pun mampu mengubah citra Anda di mata penyewa, padahal Anda masih membutuhkan landlord untuk mengurus berbagai hal di rumah Anda.
 
Terakhir, sempatkan diri Anda mencoba memasak menu baru. Meski sederhana, kegiatan memasak bersama teman dan keluarga mampu membuat Anda lebih mudah menikmati rumah Anda.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com