Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Noda Lilin Susah Dibersihkan? Ini Caranya...

Kompas.com - 13/12/2013, 11:01 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Lelehan lilin memang bisa menjadi masalah. Jangan panik, ada cara mudah membersihkan lelehan tersebut pada wadahnya. Namun, sebelum mulai membersihkan, pastikan dulu jenis material tempatnya menempel. Pasalnya, tiap material membutuhkan pendekatan yang berbeda.

Kaca dan plastik bisa mendapat perlakuan yang sama. Untuk menghilangkan lelehan lilin dari tempat lilin, masukkan tempat lilin tersebut ke dalam freezer selama 30 menit. Udara dingin akan mengeraskan lilin. Jadi, ketika beku, lilin lebih mudah dibersihkan dengan menggunakan pisau tumpul. Bersihkan sisa-sisa lilin dengan memanfaatkan kain lembut dan sedikit minyak bayi.

Sementara itu, untuk membersihkan tempat lilin yang terbuat dari besi, Anda perlu memasukkannya dalam air mendidih. Didihkan dulu air, kemudian masukkan dalam wadah yang dapat menampung tempat lilin. Biarkan hingga air mendidih tersebut mendingin. Ketika itu, lilin pun sudah terlepas dari tempatnya. Jangan lupa, lap dengan kain bersih yang lembut. Namun, jika Anda tidak ingin mengambil risiko dan memasukkan tempat lilin ke dalam air mendidih, Anda juga bisa mencoba cara yang sama bagi kaca dan plastik.

Untuk barang-barang perak, pastikan Anda membersihkan sisa lilin dengan lembut. Letakkan tempat lilin perak ke dalam freezer selama 20 menit. Kemudian, hilangkan sisa lilin dengan kuku. Jangan gunakan pisau karena akan mampu merusak permukaannya. Bersihkan sisa-sisanya dengan bola kapas yang sudah diberi pemoles perak atau alkohol. Ganti bola kapas setelah menyeka. Bila tidak, sama saja Anda menempelkan kembali lilin ke permukaan perak.

Sebagai tambahan, jika lilin menempel di permukaan kayu, cobalah menempatkan koran ke permukaan lilin yang menempel ke kayu. Kemudian, gunakan setrika dalam keadaan hangat untuk menekan lilin yang menempel pada kayu dari atas koran. Kertas koran akan menyerap lilin ketika lilin meleleh. Meja Anda pun bersih dari lilin. Hati-hati, jangan sampai setrika Anda terlalu panas karena rentan menimbulkan api.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com