Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi... Andy K Natanael Raih "Pemasar Properti" Terbaik!

Kompas.com - 04/12/2013, 10:49 WIB
Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Managing Director PT Modernland Realty Tbk Andy K Natanael meraih penghargaan "Innovative Property Marketer" pada HousingEstate Green Property Awards (GPA) 2013 di Jakarta, Selasa (3/12/2013). Sebelumnya, pada 20 Juni 2013 lalu, ia juga meraih penghargaan "Pemasar Properti Profesional Terbaik" dari Majalah Property & Bank melalui Penganugerahan Penghargaan ke-8.

Kali ini Andy kembali meraih penghargaan tersebut berkat prestasinya meramu beragam kiat pemasaran, baik keluar maupun ke dalam internal perusahaan, terutama saat menangani pemasaran beberapa proyek perumahan di Tangerang. Mantan manajer pemasaran di sejumlah pengembang perumahan di Jabodetabek ini menerapkan inovasi serupa di proyek berikutnya di Jakarta yang pengembangannya juga dipercayakan kepada dirinya.

"Buat saya penghargaan ini akan menjadi pendorong untuk terus bekerja keras. Selama ini saya hanya berusaha membuat diri saya berada di posisi konsumen, yaitu sebagai pembeli rumah. Dengan mendekatkan diri dan tahu kebutuhan mereka, konsumen nyaman dengan apa yang saya pasarkan," tutur Andy kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa malam.

Pada penganugerahan tersebut, Andy tercatat selalu berhasil menangani proyek-proyek Moderland. Catatan penjualan dan pengembangan bisnis mengesankan dari awalnya yang kurang bergairah. Tak heran, sejak bergabung dengan PT Modernland Realty Tbk pada Agustus 2010 silam, dirinya sendiri kerap ikut sibuk mengotak-atiknya desain hunian untuk konsumennya.

"Kalau Anda membayangkan diri jadi konsumen, Anda akan berpikir detail yang dibutuhkan pada rumah Anda. Itulah yang saya lakukan," kata Andy, yang mengaku selalu stres tiap kali akan meluncurkan produk properti.

Optimistis

Berdasarkan catatan Kompas.com, positifnya kinerja emiten properti PT Modernland Realty Tbk (MDLN) selama sembilan bulan sejak Januari hingga September tahun ini salah satunya tak lepas dari kerja keras Andy. Modernland bahkan optimistis target pendapatan pada 2014 mendatang senilai Rp 2,7 triliun.

Modernland Realty juga akan melakukan diversifikasi portofolio di sektor perhotelan (hospitality). Pasca beroperasinya Novotel Gajahmada, Jakarta Barat, pada Desember 2012 lalu, mereka akan mengembangkan tiga hotel baru yang berlokasi di Jakarta Garden City, Jakarta Timur, Kota Modern, Tangerang, dan di Kawasan Industri Modern Cikande, Kabupaten Serang, Banten.

Andy mengatakan, ketiga hotel tersebut mengakomodasi kebutuhan pebisnis. Selama ini pasok yang ada di tiga lokasi tersebut sangat minim dan kurang representatif.

"Kami akan mengembangkan hotel bintang 4 di Jakarta Garden City, hotel berklasifikasi serupa di Kota Modern dan hotel ekonomi (budget hotel) di Modern Cikande," ungkap Andy.

Sebagai catatan, Modernland Realty mencatat laba bersih sebesar Rp 721,63 miliar pada kuartal ketiga 2013 atau meroket  77,01 persen dari Rp 165,88 miliar dari periode yang sama tahun 2012.

Perolehan laba bersih tersebut didukung peningkatan pendapatan dan beban pokok penjualan serta beban langsung yang berhasil ditekan hingga 24,36% menjadi Rp 320,62 miliar.

Perseroan juga membukukan pertumbuhan pendapatan hingga 49,20% menjadi Rp1,4 triliun dari sebelumnya Rp 714,8 miliar. Penjualan bersih menjadi penyumbang terbesar dalam perolehan pendapatan tersebut, yakni sebesar Rp 1,33 triliun. Kemudian diikuti, pendapatan dari lapangan golf dan restoran club house sebesar Rp32,80 miliar.

Total aset perseroan hingga September 2013 lalu tumbuh Rp 5,13 triliun dari sebelumnya akhir Desember 2012 sebesar Rp 4,59 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com