Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Aman dan Nyaman Gedung Penitipan Anak

Kompas.com - 03/12/2013, 13:54 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Tahap akhir dari gedung penitipan anak di Boulay, Perancis, ini telah
diselesaikan oleh Paul le Quernec Architectes. Tim ini menjadikan fasilitas penitipan anak tersebut benar-benar terfokus pada keamanan dan perlindungan yang nyaman bagi anak-anak.

www.designboom.com Tim desain ini mampu mengambil keuntungan dari bentuk peraturan perencanaan proyek yang memiliki organisasi spasial konvensional. Mereka membangun lingkungan yang saling terhubung dengan baik dan terbuka tanpa adanya lorong atau koridor.
Tim desain ini mampu mengambil keuntungan dari bentuk peraturan perencanaan proyek yang memiliki organisasi spasial konvensional. Mereka membangun lingkungan yang saling terhubung dengan baik dan terbuka tanpa adanya lorong atau koridor.

www.designboom.com Menggunakan struktur tenda yang tertutup dengan langit-langit polikarbonat, desain ini memungkinkan cahaya masuk leluasa ke dalam tiap ruangan. Sementara eksteriornya berorientasi untuk melindungi anak-anak dari paparan sinar matahari dengan struktur atap bergelombang.
Dengan bentuk melengkung, desain gedung ini hampir sepenuhnya menghilangkan sudut-sudut pada dalam skema bangunan tersebut. Seluas 1000 meter persegi, luas lantai gedung ini diatur untuk bisa menghubungkan semua bidang desain.

Menggunakan struktur tenda yang tertutup dengan langit-langit polikarbonat, desain ini memungkinkan cahaya masuk leluasa ke dalam tiap ruangan. Sementara eksteriornya berorientasi untuk melindungi anak-anak dari paparan sinar matahari dengan struktur atap
bergelombang.

www.designboom.com Dengan bentuk melengkung, desain gedung ini hampir sepenuhnya menghilangkan sudut-sudut pada dalam skema bangunan tersebut. Seluas 1000 meter persegi, luas lantai gedung ini diatur untuk bisa menghubungkan semua bidang desain.
Posisi gedung pun diatur menjauhi jalan dengan sistem jalan satu arah. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kecelakaan di luar gedung.

Gedung ini dibangun menggunakan material konvensional, yaitu batu bata tanah liat, sebelum akhirnya dilapisi dengan motif tertentu. Tim tersebut juga menggunakan plasterboards ganda yang digunakan sebagai dinding partisi. Material tersebut juga dipilih untuk melapisi langit-langit sehingga meningkatkan kenyamanan akustik di dalam ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com