Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pensiun Merumput, Beckham Bangun Stadion!

Kompas.com - 28/11/2013, 14:14 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Superstar sepak bola dunia, David Beckham, berencana untuk membangun stadion Major League Soccer (MLS) di Miami, Florida, Amerika Serikat. Stadion ini akan terintegrasi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti ruang ritel, perkantoran dan perhotelan.

Beckham diketahui telah melakukan pembicaraan intensif dengan otoritas kota untuk mempertimbangkan pembangunan stadion megah yang berlokasi di Pulau Dodge. Tidak jauh dengan markas besar Miami Heat American Airlines Arena dengan kapasitas 25.000 kursi penonton.

Menurut The Miami Herald, Wakil Walikota Miami, Chip Iglesias, akan mempertimbangkan rencana besar Beckham tersebut.

Jelas, rencana Beckham ini mengundang perhatian dan minat banyak orang, termasuk calon investor. Pemain Miami Heat, LeBron James, salah satunya. Ia telah mengkonfirmasi minatnya untuk bekerja sama dengan suami Victoria tersebut.

Setelah pensiun dari MLS musim semi lalu, Beckham mengumumkan niatnya untuk melaksanakan opsi kontrak baru yang memungkinkan dia memiliki hak mengelola dan mengembangkan  stadion senilai 25 juta dollar AS (Rp 293,7 miliar).

Rencana Beckham ini juga sekaligus sebagai respon atas orientasi pengembangan Miami saat ini yang mengarah ke barat daya. Di sini akan dibangun properti-properti komersial yang dilengkapi dermaga tempat yacht berlabuh plus panorama ciamik ke pusat kota Bayside Marketplace.

Miami bukanlah satu-satunya lahan garapan Beckham. Ia juga tengah mempertimbangkan untuk membangun 30 stadion lainnya. Miliarder Marcelo Claure, salah satu petinggi Brightstar (perusahaan distributor wireless global), merupakan orang di balik rencana Beckham ini.

"Kami melihat banyak lokasi dan bekerja sama dengan para pejabat menganalisa potensi ke-30 area tersebut," ujarnya.

Ada pun pembiayaan untuk membangun stadion kemungkinan besar akan melibatkan investasi swasta.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com