Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih... Toilet Canggih yang Bisa Mengubah "Citra Miring" China!

Kompas.com - 26/11/2013, 12:32 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com — Anda tentu tak mengira bahwa hal kecil paling beradab, berteknologi canggih, dan sekaligus dapat mengubah citra China di mata dunia saat ini adalah sebuah toilet! Ya, toilet buatan Toto dengan seri Toto Neorest ini bakal mengguncang kesadaran Anda akan kehidupan modern, mutakhir, dan berkelas.

Betapa tidak. Harga toilet ini setara 3.000 dollar AS atau setara Rp 35,2 juta per unit, yang dapat dilihat di kamar Hotel Kerry di Beijing. Nicolas Carlson, penulis BusinessInsider, bersaksi bahwa toilet ini paling maju dalam sejarah peradaban manusia.

Lantas, apa keistimewaannya?

www.businessinsider.com Pertama, toilet ini memiliki panel kontrol yang dipasang di dinding sebelahnya. Fitur ini termasuk opsi pembersihan (flushing) yang memudahkan Anda untuk tidak perlu repot-repot memikirkan cara membilas setelah menggunakan toilet ini.
Pertama, toilet ini memiliki panel kontrol yang dipasang di dinding sebelahnya. Fitur ini termasuk opsi pembersihan (flushing) yang memudahkan Anda untuk tidak perlu repot-repot memikirkan cara membilas setelah menggunakan toilet ini.

Panel kontrol itu juga memungkinkan Anda mengangkat tiga penutup (cover seat) toilet tanpa benar-benar menyentuhnya. Anda hanya perlu menekan satu tombol, dan semuanya terbuka.

www.businessinsider.com Anda memiliki kursi untuk duduk di atas toilet. Bila menekan satu tombol lainnya, Anda akan menemukan dudukan toilet yang nyaman. Dudukkan toilet itu akan terbuka secara otomatis ketika Anda akan mendudukinya dan flush akan bekerja sendiri ketika Anda berdiri (selesai menggunakan kloset).
Kedua, Anda memiliki kursi untuk duduk di atas toilet. Bila menekan satu tombol lainnya, Anda akan menemukan dudukan toilet yang nyaman. Dudukan toilet itu akan terbuka secara otomatis ketika Anda akan mendudukinya dan flush akan bekerja sendiri ketika Anda berdiri (selesai menggunakan kloset).

www.businessinsider.com Ketiga, bila kamar mandi gelap atau cahayanya redup, panel kontrol akan bekerja otomatis dan memandu Anda dalam kegelapan.
Ketiga, bila kamar mandi gelap atau cahayanya redup, panel kontrol akan bekerja secara otomatis dan memandu Anda dalam kegelapan.

Kesimpulannya, Hotel Kerry menawarkan pengalaman berbeda dengan kamar mandi mewah. Selain toilet yang dilengkapi peralatan canggih, juga terdapat televisi dan pengeras suara di langit-langit serta telepon seluler yang dipasang di dinding.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com