Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selamat Hari Toilet... Inilah Tiga Toilet Unik di Dunia!

Kompas.com - 21/11/2013, 15:54 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Kurangnya akses pada sanitasi dan toilet merupakan hal serius, terutama di negara-negara berkembang. Dari sekadar ketidaknyamanan, hal ini mampu menimbulkan lebih banyak masalah, bahkan menyebabkan kematian.

Terkait hal itu, saat ini Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan satu hari khusus untuk menyadari besarnya masalah sanitasi dunia. PBB secara resmi menetapkan Selasa (19/11/2013) lalu sebagai Hari Toilet Dunia. Masalah ini memang tidak sepele, tetapi ada sisi lebih ringan untuk melihat pentingnya sanitasi di dunia.

Toilet merupakan salah satu unsur penting yang harus ada di setiap rumah dan gedung publik. Meskipun penting, toilet juga membuka kesempatan bagi pemiliknya untuk berkreasi. Kreasi tersebut seperti ditampilkan Huffington Post yang memublikasikan toilet-toilet unik dari seluruh dunia berikut ini:

www.huffingtonpost.com/AP Toilet bernama Toilet Bike Neo ini dimodifikasi hingga membentuk motor. Kotoran yang dihasilkan oleh pengendaranya akan diubanh menjadi bahan bakar biogas.
Toilet Red Light District

Toilet pertama yang tidak hanya penting keberadaannya, tetapi juga tidak lazim penempatannya adalah toilet umum di Red Light District Amsterdam, Belanda. Toilet khusus laki-laki ini memaksa penggunanya buang air kecil di muka publik. Menariknya, toilet yang sangat terbuka ini justru berhasil membuat kondisi Red Light District jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Toilet motor

Toilet kedua berasal dari Jepang. Sama seperti toilet di Amsterdam, penggunanya pun didorong untuk menggunakan toilet ini di muka publik.

Namun, buang air besar di muka publik bukan inti dari toilet tersebut. Toilet bernama Toilet Bike Neo ini dimodifikasi hingga membentuk motor. Kotoran yang dihasilkan oleh pengendaranya
akan diubah menjadi bahan bakar biogas.

www.huffingtonpost.com Toilet unik lain yang layak disimak adalah Fish 'n' Flush Toilet. Toilet ini punya dua wadah air, satu wadah untuk mengguyur kloset, wadah lain digunakan sebagai akuarium.
Toilet akuarium

Toilet unik lain yang layak disimak adalah Fish 'n' Flush Toilet. Toilet ini punya dua wadah air, satu wadah untuk mengguyur kloset, wadah lain digunakan sebagai akuarium.

Sayangnya, toilet sekaligus akuarium ini kini tidak lagi tersedia. Lewat situs resminya, Aqua One menyatakan bahwa siapa pun yang menginginkan toilet ini harus rela menunggu hingga perusahaan tersebut kembali memproduksinya.

Nah, selamat Hari Toilet Sedunia!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com