Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilelang, Karya Istimewa Arsitek Dunia untuk Difabel

Kompas.com - 12/11/2013, 17:13 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dailymail
KOMPAS.com - Rumah-rumah boneka istimewa karya para pesohor dunia di bidang arsitektur dilelang di Bonhams, London, Senin (11/11/2013). Pelelangan tersebut melibatkan maha-maha karya mungil buatan 20 arsitek Inggris, termasuk Zaha Hadid dalam rangka mengumpulkan bantuan amal bagi anak-anak lewat lembaga amal KIDS. Kegiatan tersebut merupakan hasil inisiasi para pengembang properti dari Cathedral Group.
 
Cathedral Group hanya meminta para desainer agar masing-masing rumah menyediakan setidaknya satu fitur yang memudahkan hidup seorang anak dengan disabilitas. Dan hal tersebut dipenuhi. Pasalnya, setiap arsitek berhasil membuat ide-ide luar biasa yang penuh warna. Mereka diberikan plot mungil berukuran 750 mm2 untuk "membangun" properti mereka. 
 
www.dailymail.co.uk Proyek rumah boneka terinspirasi rumah boneka yang dibuat oleh arsitek Edwin Lutyens bagi The British Empire Exhibition di Wembley pada 1922.
Proyek ini terinspirasi rumah boneka yang dibuat oleh arsitek Edwin Lutyens bagi The British Empire Exhibition di Wembley pada 1922. Saat itu, Lutyens hanya menggunakan mainan-mainan anak tradisional untuk menampilkan karya arsitektur modern, seni pertukangan kayu, dan desain interior.
 
www.dailymail.co.uk Morag Myerscough dan Luke Morgan mendesain rumah
Sama seperti karya Lutyens, para arsitek abad ke-21 ini pun menggabungkan berbagai keterampilan dari para seniman, desainer, dan pembuat furnitur yang mereka miliki. Misalnya, Morag Myerscough dan Luke Morgan yang mendesain rumah "di atas karang di birunya laut" dengan seniman Ishbel Myerscough, Chantal Joffe, dan penyair Lemn Sissay. Ada pula Jigsaw House karya Make Architects. Karya ini terbuat dari 26 rumah-rumah berukuran kecil yang masing-masing didesain penuh dan 20 rumah-rumah kosong untuk menopangnya.
 
Ada pula rumah-rumah boneka dengan konsep istimewa lainnya, seperti karya Hemingway Design dan Guy Holloway bernama Jack in a Box. Rumah boneka yang tampak penuh warna ini, jika dinyalakan, akan mengeluarkan struktur tiup. Ada pula rumah boneka yang akan mengeluarkan suara berbeda jika bola kelereng dimasukkan ke dalamnya. Rumah tersebut bernama Sound [Play]ce buatan HLM dan JuJu Ross Design/A&J Hilliard Cabinet Makers.

www.dailymail.co.uk Bagi anak-anak dengan keterbatasan penglihatan, DRDH Architects menyediakan rumah dengan warna mencolok, hitam di luar dan merah serta kuning di dalam.
Bagi anak-anak dengan keterbatasan penglihatan, DRDH Architects menyediakan rumah dengan warna mencolok, hitam di luar dan merah serta kuning di dalam. Hasil kolaborasi dengan seniman Norwegia Anne Katrine Dolven tersebut adalan teater mainan, idenya berasal dari teater mainan yang popular di abad ke-18. 
 
Namun, rumah boneka yang paling menarik perhatian tampaknya rumah karya Zaha Hadid. Rumah dengan nama "This Must be The Place" yang bisa dibongkar-pasang ini sudah ditawar dengan harga 10.500 Poundsterling (Rp 192,6 juta).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dailymail
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com