Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Summarecon Ekspansi ke Bali, Bogor, dan Bandung

Kompas.com - 06/11/2013, 15:42 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Emiten properti PT Summarecon Agung Tbk yang baru saja meraup penjualan (marketing sales) senilai Rp 3,2 triliun akan melebarkan sayap bisnisnya di tiga kawasan berbeda pada 2013 hingga 2016 mendatang. Ketiga kawasan baru yang akan digarap tersebut adalah Bandung, Bogor, dan Bali.

Demikian rencana pembangunan masa depan perseroan yang diungkapkan Direktur Utama PT Summarecon Agung Tbk, Johannes Mardjuki.

"Kami merambah kawasan baru di Bandung, Bogor, dan Bali karena permintaan dan kebutuhan hunian serta fasilitas penginapan terus tumbuh. Terlebih dengan perumahan yang akan selalu ada kebutuhannya kendati rupiah terdepresiasi, inflasi tinggi dan suku bunga KPR naik. Karena, kami membidik segmen pasar menengah ke atas yang tidak rentan gejolak ekonomi," ujar Johannes kepada Kompas.com, Rabu (6/11/2013).

Di Bali, tepatnya kawasan Jimbaran, Summarecon akan membangun hotel bintang lima Movenpick di atas lahan seluas 1 hektar dengan nilai investasi Rp 750 miliar. Kontraktor utama telah dipilih dan konstruksi akan dimulai akhir tahun 2013. Movenpick Hotel yang berisi 300 kamar ditargetkan dapat beroperasi pada 2015 mendatang sehingga bakal menambah pendapatan berulang (recurring income) menjadi 27-28 persen terhadap total pendapatan perseroan.

Sementara di Bogor, emiten berkode SMRA ini akan membesut city development di atas lahan seluas 200 hektar. Serupa dengan di Bandung, mereka juga menggarap pengembangan permukiman lengkap dengan fasilitas komersial dengan luas lahan 200 hektar.

"Proyek di Bandung akan kami mulai akhir 2014. Sementara di Bogor sekitar 2015," jelas Johanned.

Untuk mengoleksi cadangan lahan seluas itu, Summarecon membutuhkan dana setidaknya Rp 1,4 triliun. Sumber dana tersebut mereka cari dari penjualan obligasi dan sukuk ijarah secara berkelanjutan. Tahun ini mereka menjual sekitar Rp 600 miliar yang terbagi ke dalam obligasi konvensional berkelanjutan tahap I 2013 senilai Rp 450 miliar dan sukuk ijarah berkelanjutan tahap I 2013 senilai Rp 150 miliar. Adapun imbal hasil yang ditawarkan adalah 6-11 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com