Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membersihkan Dapur, Berpacu dengan "Microwave"!

Kompas.com - 28/10/2013, 14:51 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Tidak seperti kompor, microwave memang tidak wajib ada di dapur rumah. Jika Anda cukup beruntung memilikinya, Anda tentu tahu betapa mudahnya menghangatkan makanan selama beberapa menit.

Sepulang kantor, Anda tidak perlu menyiapkan banyak hal. Ambil saja makanan beku siap saji, hangatkan dalam microwave, dan santap.

Tak hanya itu. Ternyata, microwave juga mampu "memaksa" Anda menjaga dapur tetap bersih.

Ya, Anda hanya perlu memanfaatkan waktu Anda. Ketika menunggu makanan kembali hangat di dalam microwave, Anda bisa mencuci piring, mengelap meja makan, atau membersihkan kompor. Anda tidak perlu hanya menunggu di depan microwave, menelepon, atau menonton televisi. Meski hanya sebentar, dua hingga lima menit waktu yang dibutuhkan untuk menghangatkan makanan ternyata cukup untuk melakukan beberapa pekerjaan rumah.

www.houzz.com Jika Anda rutin menggunakan microwave, Anda juga harus ingat untuk menjaga interiornya tetap bersih. Apalagi, seringkali makanan yang Anda hangatkan
Namun, jika Anda rutin menggunakan microwave, Anda juga harus ingat untuk menjaga interiornya tetap bersih. Apalagi, seringkali makanan yang Anda hangatkan "meledak" di dalamnya dan meninggalkan lemak di dalam alat tersebut. Untuk membersihkan sisa-sisa makanan itu, Anda hanya perlu cuka putih, air, mangkuk, dan spons.

Caranya relatif mudah. Pertama-tama, pastikan mangkuk yang Anda pilih aman digunakan dalam microwave. Setelah itu, isi mangkuk dengan campuran cuka dan air (1:1). Setelah itu, hidupkan microwave selama dua menit. Perlahan, masukkan spons ke dalam campuran air dan cuka. Seka bagian dalam microwave dengan spons tersebut.

Cara ini efektif karena menghangatkan cuka dan air akan memaparkan uap pada makanan yang menempel di dalam microwave. Selain itu, asam yang ada pada cuka akan membersihkan dan mengharumkan microwave Anda. Hanya, pastikan saja Anda menggunakan sarung tangan ketika memasukkan spons ke dalam larutan cuka dan air untuk menghindari paparan cairan panas.

Sumber: www.lifehacker.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com