Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 5 Tahun, Peritel Singapura Bakal Bangun 10 Gerai Baru!

Kompas.com - 23/10/2013, 17:17 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

BEKASI, KOMPAS.com — Sebanyak 10 gerai baru Courts akan dikembangkan PT Courts Ritel Indonesia hingga 2018. Menyusul pembangunan Courts Megastore di Kota Harapan Indah, Bekasi, dan BSD City, Tangerang Selatan, kesepuluh gerai baru tersebut nantinya berada di area Jadebotabek.

Rencana ekspansi bisnis tersebut dikemukakan Executive Director and Group CEO Courts Asia Terry O'Connor seusai seremoni peletakan batu pertama pembangunan Courts Megastore pertama di Kota Harapan Indah, Bekasi, Rabu (23/10/2013).

"Kami memiliki ambisi menjadi pemimpin pasar ritel di Indonesia. Posisi negara ini sangat penting dalam rencana ekspansi bisnis kami dan menawarkan pertumbuhan potensial bagi Courts Asia," ujar Terry.

Untuk diketahui, imbuh Terry, pembangunan kedua megastore pertama saja berkontribusi 20 persen terhadap total area ritel Courts Asia seluas 120.773 meter persegi.

"Terlebih dengan ekspansi 10 toko baru nanti. Pasar Indonesia dengan pertumbuhan daya konsumsi merupakan peluang sangat besar bagi kami," tandasnya.

Adapun empat dari sepuluh gerai Courts baru dirancang seluas 9.000-10.000 meter persegi. Sementara itu, enam toko lainnya 6.000-7.000 meter persegi. Untuk membangun satu gerai Courts berkonsep "big-box megastore", dana yang dibutuhkan sekitar 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 216 miliar.

CEO Courts Indonesia Roy Santoso mengungkapkan, rencana ekspansi tersebut akan diimplementasikan melalui dua opsi skema kerja sama. Pertama, skema built to suit, yaknipihaknya hanya berlaku sebagai penyewa dan pengembang (pemilik lahan) yang membangun gedung toko sesuai dengan konsep dan kebutuhan Courts Retail Indonesia. Oleh karena itu, lanjut dia, tokonya akan berdiri sendiri (stand alone) lengkap dengan fasilitas pergudangan dan area parkir. Adapun opsi kedua adalah ekspansi di pusat-pusat belanja yang ada di Jadebotabek.

"Opsi kedua dipicu oleh semakin tingginya harga lahan di Jadebotabek. Kami juga tidak akan membuka gerai di area-area CBD Jakarta," ungkap Roy.

Courts merupakan peritel asal Singapura yang menjual produk-produk elektronik, peralatan listrik, furnitur, barang-barang kebutuhan rumah tangga, dan produk TI. Gerai mereka di Kota Harapan Indah Bekasi merupakan yang terbesar di Asia dengan luas mencapai 13.000 meter persegi. Sejak didirikan pada 1974, Courts telah memiliki 70 toko yang tersebar di Singapura dan Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com