Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menarik, Kantor Teknologi Bernuansa "Kedai Kopi"....

Kompas.com - 17/09/2013, 08:30 WIB
Tabita Diela

Penulis

freshome Desain interiornyapun senada dengan namanya. Memadukan nuansa
freshome Sofa-sofa nyaman, meja besar, dan lantai kayu menjadi lingkungan yang nyaman untuk membebaskan pikiran para karyawan hingga mampu menciptakan ide-ide luar biasa.
freshome Kantor ini berada di lantai dua, tiga, dan loteng bangunan. Setiap lantai memiliki karakternya sendiri dan mengejutkan pengunjung dengan keunikan dan kehangatan, yaitu sebuah kafe, sebuah kantor, dan tempat bersantai.
freshome Pemilihan cat berwarna gelap, lantai kayu, kursi taman, dan meja kopi dari peti kayu membuat nuansa di dalam kantor ini menjadi informal. Ketiga, pencahayaan kantor ini juga cukup, tanpa terkesan berlebihan.
KOMPAS.com - Kantor yang berada di Timisoara, Rumania ini bernama [e-spres-oh]. Sesuai namanya yang terdengar seperti salah satu jenis kopi, espresso, kantor ini bernuansa unik menyerupai kedai kopi.

Desain interiornyapun senada dengan namanya. Memadukan nuansa "vintage" dan industri. Elemen-elemen seperti kayu, kulit, dan besi seolah memonopoli kantor tersebut dalam cara yang harmonis. Sofa-sofa nyaman, meja besar, dan lantai kayu menjadi lingkungan yang nyaman untuk membebaskan pikiran para karyawan hingga mampu menciptakan ide-ide luar biasa.

Kantor ini berada di lantai dua, tiga, dan loteng bangunan. Setiap lantai memiliki karakternya sendiri dan mengejutkan pengunjung dengan keunikan dan kehangatan, yaitu sebuah kafe, sebuah kantor, dan tempat bersantai.

Menurut Stefan Lazar, sang desainer interior, proyek tersebut begitu menantang. Waktu yang tersedia bagi tim desain untuk membuat tampilan kantor ini begitu terbatas. "Kami membuat rencana proyek, dengan mengunjungi beberapa tempat dalam beberapa kali. Kami mencari harga terbaik dan koordinasikan sendiri sebagai sebuah tim dengan efisien. Yang terpenting adalah mampu merampungkannya tepat waktu," paparnya panjang lebar.

Pandangan yang beredar di masyarakat mengenai pekerja di bidang teknologi begitu membosankan. Mereka pikir, ahli teknologi informasi hanya butuh sebuah meja, kursi, dan keyboard. "Kenyataannya, jika Anda melihat gambaran besarnya, Anda akan mengerti bahwa lingkungan kerja adalah alat yang memiliki kekuatan luar biasa dan dapat mempengaruhi orang," lanjut Lazar.

Karena mampu mempengaruhi seseorang, maka lingkungan kerja menjadi salah satu unsur terpenting dalam produktivitas karyawan. Alih-alih membuat kantor dengan nuansa formal, Lazar ingin mencapai tujuan tersebut dengan mengadopsi nuansa kedai kopi yang umum di masyarakat. Selain dekorasinya, berbagai kebutuhan khusus seperti kursi yang ergonomis juga disediakan bagi karyawan.

Walhasil, kantor ini tidak hanya unik, namun juga nyaman. Pertama, karena penggunaan sofa, bantal, dan kursi khusus untuk menyangga punggung karyawan. Kedua, nuansa yang ada di dalam kantor ini begitu bersahabat. Pemilihan cat berwarna gelap, lantai kayu, kursi taman, dan meja kopi dari peti kayu membuat nuansa di dalam kantor ini menjadi informal. Ketiga, pencahayaan kantor ini juga cukup, tanpa terkesan berlebihan.

Tampaknya, kantor-kantor dengan konsep unik seperti ini akan menjamur di seluruh dunia. Dengan memberikan kenyamanan, produktivitas pun bertambah. Kita tunggu saja kehadiran kantor seperti ini di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com