Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerdas... Membagi Ruang Apartemen dengan Konsep Panggung!

Kompas.com - 09/09/2013, 10:12 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Arsitek Alex Bykov mengerjakan desain interior sebuah apartemen milik salah satu pasangan muda kreatif di Kiev. Pasangan baru saja menikah ini berencana menghabiskan masa bulan madunya di apartemen hasil dekorasi Bykov.

Melalui serangkaian diskusi, Bykov akhirnya memutuskan untuk mendekorasi apartemen tersebut dengan konsep "gerakan konstan". Dengan konsep ini, penghuni rumah seharusnya mampu terus bergerak secara dinamis tanpa terputus. Adanya pembagian fungsi ruangan tanpa menghalangi pergerakan penghuninya merupakan salah satu tujuan utama desain tersebut.

www.dezeen.com Bukan ukuran dan bentuk apartemen mungil ini yang istimewa. Secara khusus, pasangan pemilik apartemen ini menginginkan perpustakaan built-in.
"Konsep pergerakan tampak melalui area desain spasial seperti kamar tidur, ruang bersantai, perpustakaan, dan kamar mandi mengelilingi dapur, ruang yang secara historis menjadi simbol bagi 'jantung keluarga'. Jadi, Anda bisa bergerak dari satu ruangan ke ruangan lainnya dalam lingkaran tak berujung. Satu ruang dan ruangan lainnya mengalir lembut satu dengan yang lain," ujar Bykov seperti dikutip www.dezeen.com.

Bykov bekerja dengan ruangan sederhana berbentuk persegi. Hanya ada dua pintu untuk masuk dan keluar dari apartemen ini, serta dua ruang terpisah yaitu kamar mandi dan kamar tidur. Kedua akses tersebut adalah pintu masuk utama dan pintu menuju teras.

www.dezeen.com Memasuki apartemen ini, penghuninya disambut dengan kamar mandi di kiri pintu dan perpustakaan di kanan pintu. Dapur berada tepat di depan pintu utama. Kamar tidur ada di area setelah dapur.
Memasuki apartemen ini, penghuninya disambut dengan kamar mandi di kiri pintu dan perpustakaan di kanan pintu. Dapur berada tepat di depan pintu utama. Kamar tidur ada di area setelah dapur. Sementara itu, ruang makan dan ruang bersantai tepat menghadap dapur dan kamar tidur di sebelah kanan.

Namun, bukan ukuran dan bentuk apartemen mungil ini yang istimewa. Secara khusus, pasangan pemilik apartemen ini menginginkan perpustakaan built-in. Karena itu, Bykov membuatkan perpustakaan unik dan istimewa di atas podium. Dengan adanya panggung tersebut, pasangan ini mendapatkan ruang penyimpanan lebih dan area khusus untuk membaca.

www.dezeen.com Tidak hanya meninggalkan apartemen mungil yang tampak apik bagi pasangan muda ini. Bykov juga meninggalkan lampu dekoratif karya desainer Ukraina, Anna Popovych dan Vasyliy Butenko.
Alex Bykov tidak hanya meninggalkan apartemen mungil yang tampak apik bagi pasangan muda ini. Bykov juga meninggalkan lampu dekoratif karya desainer Ukraina, Anna Popovych dan Vasyliy Butenko.

Selain itu, teman-teman dekat pasangan muda ini juga meninggalkan lampu langit-langit sebagai hadiah pernikahan yang dibuat oleh Artemide. Hadiah-hadiah tersebut seolah menjadi penyempurna warna-warna hangat dari batu bata ekspos berwarna pastel, kayu pres berwarna alami yang menjadi ciri khas perpustakaan, serta furnitur lembut di kamar tidur dan di ruang keluarga.

www.dezeen.com Bykov membuatkan perpustakaan unik dan istimewa di atas podium. Dengan adanya panggung tersebut, pasangan ini mendapatkan ruang penyimpanan lebih dan area khusus untuk membaca.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com