Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orchard Road Tak Tergantikan....

Kompas.com - 10/07/2013, 15:38 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com- Jakarta dengan Satrio International Shopping and Tourism Belt-nya baru saja membuka LOVE (Lotte Shopping Avenue) di Ciputra World Jakarta. LOVE diklaim sebagai pusat belanja kelas atas paling ramai saat ini di koridor belanja tersebut.

Namun, jika parameternya pasar internasional, Satrio International Shopping and Tourism Belt masih kalah pamor dibanding Orchard Road, Singapura. Lebih lagi tahun ini, kawasan belanja terpadu tersebut, akan menambah tiga mal baru dengan klasifikasi atas.

Menurut konsultan properti Savills, Orchard Gateway, Westgate dan Bedok Mall akan mengubah konstelasi pasar ritel paling "sehat" di Asia itu. Ketiganya menggenapi jumlah pasok baru sebanyak 2,6 juta kaki persegi hingga empat tahun ke depan. Sementara enam proyek ritel besar lainnya diharapkan buka tahun depan, termasuk sebuah mal di Orchard Road 268.

Kendati surplus pasok anyar, namun harga sewa pusat belanja di Orchard tetap stabil pada angka 35,1 dollar Singapura (Rp 2.725.490) per kaki persegi per bulan. Stabilitas harga sewa ini dimungkinkan karena tingkat serapan mal-mal baru tersebut sangat tinggi. Orchard Getway mampu mengikat perjanjian sewa dengan tenan sebanyak 90 persen. Sedangkan Bedok Mall mencatat pra komitmen sebesar 85 persen tersewa hingga akhir Mei lalu.

Sama halnya dengan mal-mal di Jakarta, penyewa yang mendominasi mal di Singapura ini berasal dari sektor food and beverage. Disusul kemudian oleh sektor fesyen, jasa dan specialty store.

Menurut Savills, ruang belanja premium di Orchard Road tak akan tergantikan oleh negara mana pun di Asia Tenggara dan tetap menjadi salah satu destinasi utama para shopper internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com