Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

M Plus Hadir pada 2017 Mendatang!

Kompas.com - 29/06/2013, 17:21 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com
— Bukan agen, bukan pula mata-mata. Bukan bos James Bond, bukan pula bagian dari Dinas Intelijen CIA. Ya, M+. Ini merupakan museum masa depan yang akan berdiri di Hongkong.

Pihak berwenang West Kowloon Cultural District Authority (WKCDA) menunjuk Herzog & de Meuron dan TFP Farrells untuk mendesain museum baru tersebut dan secara khusus didedikasikan untuk "menampung" berbagai bentuk kebudayaan visual.

WKCDA mengalokasikan lahan seluas 14 hektar di Pelabuhan Victoria untuk pengembangan M+. Sebagai fasilitas "penampung" kebudayaan visual, di dalamnya akan disimpan koleksi-koleksi seni abad ke-20 dan 21, desain, arsitektur, dan gambar bergerak.

Herzoq & de Meuron merancang "ruang radikal" bagi seni instalasi dan seni pertunjukan. Dengan kata lain, mereka menciptakan desain yang unik dan belum pernah ditemukan sebelumnya. Tak hanya itu, museum akan terhubung langsung dengan Airport Express melalui sebuah terowongan bawah tanah. Langkah ini dinilai menantang seniman dan kurator dengan ruang pameran unik yang belum pernah digelar sebelumnya.

Jacques Herzog mengatakan, dalam seni, untuk masuk kehidupan kota seperti Hongkong seharusnya memulainya dari bawah, dari fondasinya sendiri. "Kami melakukan hal tersebut dalam proyek M+, benar-benar muncul dari bawah tanah," ujarnya.

Museum seluas 60.000 meter tersebut akan menjadi pusat berbagai kegiatan, mulai dari fasilitas pendidikan, auditorium, tempat pertemuan, restoran, bar, sky garden, dan beberapa fasilitas lainnya.

Pengunjung akan menemukan sebuah area unik di dalam museum tersebut. Di sana, ada semacam bukaan diagonal besar sehingga dapat melihat area di lantai bawah. Selain itu, bagian terbuka di langit-langit juga bisa membuat para pengunjung melihat bangunan-bangunan menjulang di atasnya.

Atap peneduh horizontal pada bangunan ini akan terintegrasi dengan fasad. Begitu juga sistem pencahayaan LED yang dapat diatur langsung oleh kurator hingga menampilkan karya seni canggih, unik, dan istimewa.

Namun, untuk dapat menikmati keunikan dan keseruan yang ditawarkan M+, penduduk Hongkong harus sabar menunggu. Pasalnya, proyek ini diperkirakan baru dapat selesai pada 2017.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com