Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Qatar Harus Belajar dari Lima Stadion Terbesar

Kompas.com - 17/06/2013, 12:16 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Ketidaksiapan Qatar dalam menyelenggarakan perhelatan seakbar Piala Dunia sepak bola pada 2022 mendatang, memunculkan sejumlah spekulasi. Pasalnya, Negara pengekspor gas alam cair terbesar di dunia ini masih dalam kondisi krisis.

Beberapa pengembang properti bahkan menunda ekspansi dan pengembangan proyek baru. Sementara yang lainnya, malah berani berutang lebih banyak demi melanjutkan proyek yang kadung dilansir dan telah dimulai konstruksinya.

Namun begitu, publik dunia tampaknya berharap banyak pada Qatar. Karena Piala Dunia 2022 bukan hanya tentang sepakbola, melainkan pusat perhatian jagat raya sekaligus dapat mengubah kehidupan negara di masa yang akan datang.

Qatar bisa belajar banyak dari Amerika Serikat, Mexico, atau Korea Selatan. Hal pertama yang harus disiapkan oleh negara ini tentu saja membangun sejumlah stadion. Sebagai venue utama event sepak bola, stadion yang representatif mutlak perlu dibangun.

Ada beberapa stadion dengan kapasitas besar dan dapat dicontoh oleh Qatar. Berikut lima stadion terbesar menurut Constructionweekonline:

Rung Rado May Day Stadium, Korea Utara

Stadion ini dibangun tahun 1989 dan memiliki 150.000 kursi, merupakan stadion non-balap mobil berkapasitas terbesar di dunia. Nama stadion ini diambil dari nama Pulau Rungra yang terletak di Sungai Taledong tempat stadion ini berasal, dan May Day merupakan perayaan hari buruh internasional, yang terutama dirayakan di kalangan komunis. Atapnya yang bergelombang memiliki 16 lengkungan yang diatur seperti sebuah cincin, yang dapat dikatakan menyerupai parasut atau kembang magnolia.

Luas keseluruhan dari stadion ini melebihi 207.000 meter persegi. Terdiri atas delapan tingkat dan cuping tertinggi atapnya berada pada ketinggian lebih dari 60 meter di atas permukaan tanah.

www.skyscrapercity.com Salt Lake Satdium ini berada 10 kilometer dari Kolkata, India. Memiliki daya tampung 120.000 orang.

Salt Lake Stadium, India

Stadion ini adalah stadion terbesar kedua di dunia. Saat ini digunakan untuk pertandingan sepak bola dan atletik. Stadion ini dibangun pada tahun 1984 dan berkapasitas 120.000 orang dalam konfigurasi tiga-lapis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com