Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Hunian Stabil di Kuartal Kedua

Kompas.com - 14/06/2013, 17:16 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun secara umum pertumbuhan harga properti melambat pada kuartal II 2013, namun untuk harga residensial diperkirakan akan tetap stabil. 

Menurut Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, stabilitas harga residensial hingga akhir kuartal kedua 2013, terutama hunian vertikal (kondominium) akan tetap bertahan pada level positif. 

"Kondominium tidak akan mengalami gejolak harga, apalagi tertekan. Hal ini mempertimbangkan hunian sebagai kebutuhan primer. Jadi, tidak ada penundaan pembelian dari konsumen dan investor properti," ujar Ferry kepada Kompas.com, di Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Hal senada diungkapkan CEO Leads Property Indonesia Hendra Hartono. Menurutnya, harga residensial tidak akan berubah secara drastis. Terutama di kawasan CBD Jakarta mengalami kenaikan antara 3 hingga 5 persen.

"Kami prediksi, komparasi kenaikan harga semester I dan II 2013 sekitar 5 sampai 7 persen," tandas Hendra.

Investor dan calon konsumen properti, lanjut Hendra harus melihat secara jangka panjang. Untuk saat ini tidak bisa mengharapkan pertumbuhan harga "gila-gilaan" seperti kuartal-kuartal sebelumnya selama 2 tahun terakhir.

Oleh karena itu, untuk ke depan, akan sedikit sulit bila membeli properti dengan motif dijual kembali dalam waktu yang singkat. Karena kecenderungan pasar akan melakukan aksi wait and see. Apalagi perubahan tarif BBM belum ada kepastian.

Ada pun harga residensial yang akan aktif ditransaksikan adalah masih kategori kelas menengah yakni Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar per unit.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com