Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Mbok, Ya, Pengembang Besar Itu Beri Rumah Gratis...

Kompas.com - 13/06/2013, 12:22 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Boediono mengapresiasi program Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) yang akan memberikan rumah gratis bagi rakyat miskin. Wapres berharap program serupa juga dilakukan para pengembang perumahan besar.

"Mbok, ya diikuti oleh pengembang yang lebih besar," kata Wapres saat menerima pengurus dan anggota Apersi di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Hal tersebut dikatakan Wapres menanggapi penjelasan Ketua DPP APERSI Eddy Ganefo. Dalam sambutannya, Eddy mengatakan pihaknya akan memberikan 1.000 rumah gratis kepada keluarga yang memenuhi kriteria tertentu.

Eddy mengatakan, pihaknya ingin mengetuk hati kelompok lain, terutama pengusaha agar juga ikut memperhatikan rakyat miskin. Jangankan membeli rumah, kata dia, menyewa saja tidak mampu.

Eddy menjelaskan, program rumah gratis itu ditargetkan mulai berjalan pada Ramadhan nanti. Nantinya, kata dia, tim yang dibentuk akan mencari dan memutuskan siapa saja yang layak menerima.

"Misalnya rakyat tidak mampu, anaknya berprestasi di sekolah, atau berprestasi dalam bidang agama, olahraga, mantan-mantan atlet," kata Eddy.

Mereka yang memenuhi kriteria, kata Eddy, akan menerima rumah tipe 36. Untuk tahap awal, rumah yang disediakan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Jika terpilih, mereka harus menempati dan tidak diperbolehkan menjual atau menyewa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com