Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selangkah Lagi One World Trade Center Tertinggi di AS

Kompas.com - 02/05/2013, 11:43 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah gedung pencakar langit (skyscraper) yang dinobatkan sebagai tertinggi di dunia, tak hanya dihitung dari ketinggian konstruksi struktur bangunan, juga mahkota (crown) dan "spire". Nah, mahkota yang menjadi bagian akhir One World Trade Center New York ini sebentar lagi akan membentuk gedung ini menjadi yang tertinggi di Amerika Serikat atau keenam tertinggi di dunia. Ketinggiannya mencapai 541,3 meter.

Bagian yang terbuat dari besi tersebut terekam kamera pers ketika tiba di lokasi konstruksi, Rabu (1/5/2013). Sebenarnya, pemasangan bagian tersebut akan dilakukan pada Senin (29/3/2013). Sayangnya, angin kencang memaksa para pekerja menangguhkan pengerjaan gedung tersebut. Pihak yang berwenang di Port Authority belum menentukan kapan pemancangan ini akan dilakukan.

Ada pun puncak menaranya setinggi 124,3 meter dengan bobot seberat 800 ton. Ia akan menjadi antena pemancar bagi saluran televisi dan radio. Sebelumnya, pemancar-pemancar tersebut berada di atas Twin Tower, gedung kembar yang menjadi korban serangan 11 September.

Menurut rencana, gedung setinggi 104 lantai ini akan dibuka untuk umum pada 2014 mendatang. Kita tunggu saja kelanjutan dan laporan keadaan baik eksterior, maupun interior gedung istimewa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com