Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat... Agar Tidak Kecewa Menyewa Apartemen!

Kompas.com - 29/04/2013, 16:31 WIB

KOMPAS.com - Mencari apartemen sewa bukan hal mudah. Berbagai persiapan sebaiknya benar-benar Anda lakukan, terutama jika tidak hanya ingin berpindah rumah, namun juga pindah kota atau bahkan negara.

Untuk memudahkan, berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa berguna dijadikan pegangan saat akan mencari apartemen sewa tujuan Anda:

1. Persempit pencarian

Fokuslah pada satu atau dua lingkungan yang Anda sukai. Masukkan berbagai keperluan dalam pertimbangan, seperti adanya toko-toko perlengkapan rumah tangga, serta akses ke moda transportasi yang dibutuhkan. Jika baru saja pindah ke kota baru, cara terbaik untuk mengenali kota tersebut adalah dengan berjalan kaki di kota tersebut. Cobalah menghabiskan satu atau dua hari melihat detil kota Anda.

2. Buat prioritas

Catatlah keperluan terpenting yang Anda cari di dalam tempat tinggal. Sebagai contoh, Anda dapat menentukan adanya akses sinar matahari, lokasi dekat dengan tempat kerja, dan adanya jasa cuci baju di apartemen tersebut sebagai prioritas.

Namun, jika sulit menentukan prioritas yang Anda butuhkan, catatlah semua keperluan Anda. Setelah itu, barulah mencari hal yang paling Anda butuhkan.

3. Datang dan bandingkan

Bagi Anda yang akan menghadiri beberapa open house di satu hari yang sama, jangan lupa untuk mencatat dan mengambil foto masing-masing rumah tersebut. Dengan cara inilah Anda dapat membandingkannya dengan obyektif, meski sudah tidak berada di rumah tersebut.

4. Siapkan dokumen

Menghadiri open house tidak sama dengan menghadiri pameran foto atau lukisan. Anda perlu membawa berbagai surat-surat atau identitas diri, serta sejumlah uang untuk "memesan" apartemen sesuai keinginan Anda. Pastikan Anda membawa berbagai dokumen tersebut.

5. Perhatikan yang "tersembunyi"

Hampir semua open house hanya menampilkan hal-hal baik dari "calon" apartemen Anda. Maka, cobalah memperhatikan apartemen tersebut secara seksama. Bila perlu, tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang tepat, seperti, apakah perawatan jendela termasuk dalam biaya apartemen, perlengkapan dan perabot apa saja yang termasuk dalam penyewaan apartemen, serta bagaimana dengan biaya parkirnya.

Selain itu, jangan lupa menanyakan soal aliran listrik, air, dan saluran pembuangan. Tidak teliti dapat membahayakan anggaran Anda. Bila tidak menanyakannya sebelum menyewa, Anda dapat menjadi "korban" dan terpaksa mengeluarkan uang lebih jika terjadi kerusakan atau tagihan membengkak.

6. Rasakan sendiri

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com