Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyimpanan Apik, Bebas Lembab

Kompas.com - 27/02/2013, 14:12 WIB

KOMPAS.com — Meletakkan kotak penyimpanan di lantai biasanya rentan dengan lembab. Hal ini kerap membuat jamur dan rayap memakan habis barang-barang dalam gudang Anda.

Sebetulnya, ada beberapa inspirasi menarik yang bisa Anda terapkan. Pertama, pilihlah kotak penyimpanan yang lebih awet. Bahan kardus biasanya akan mudah lapuk setelah beberapa lama, belum lagi jika udara dalam ruang termasuk lembab. Selain lebih rapuh, barang-barang dalam kardus pun mudah tumbuh jamur.

Kotak penyimpanan bermaterial rotan atau eceng gondok bisa Anda jadikan pilihan. Olahan material alam pada kotak penyimpanan ini justru lebih tahan lama. Hanya, Anda harus memberikan pelapis yang dibutuhkan, mulai dari anti-rayap hingga anti-air.

Kedua, gunakan ambalan untuk meletakkan kotak-kotak penyimpanan ini. Pastikan panjangnya ambalan sesuai dengan bobot kotak yang akan ditahan. Jangan sampai ambalan dipasang terlalu panjang karena akan membuatnya mencekung jika diletakkan kotak di atasnya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan ambalan patah di tengah karena tidak kuat menahan bobot.

Namun, jangan lupa untuk memberikan jarak antara dinding dan kotak penyimpanan agar tidak lembab. Selain itu, Anda perlu menambahkan lampu sorot untuk menjaga suhu gudang tetap hangat. (Febrina Syaifullana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com