Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Ragu dengan Tanaman Palsu!

Kompas.com - 25/02/2013, 11:57 WIB

KOMPAS.com - Memiliki rumah nyaman, enak dipandang, dan minim perawatan tentu menjadi keinginan semua orang, terutama bagi mereka yang sibuk hidup di perkotaan. Salah satu cara membuat rumah terasa nyaman dan enak dipandang itu dengan menaruh tanaman hijau dan rangkaian bunga di rumah.

Sayangnya, tanaman dan rangkaian bunga membutuhkan perawatan khusus. Paling tidak, Anda perlu meluangkan waktu secara teratur untuk menyiram, merawat, membersihkan daun kering, serta mengganti air untuk rangkaian bunga.

Tapi, saat ini Anda tak perlu lagi melakukan hal-hal tersebut untuk mendekorasi rumah Anda. Tentunya, tanaman dan bunga-bunga tersebut tidak mampu membawa oksigen dan menyerap karbondioksida. "Tanaman" dan "bunga-bunga" tersebut hanya mampu memberikan keindahan visual di rumah Anda. Berikut ini pertimbangan memajang tanaman dan bunga palsu di rumah:

Tidak akan mati

Tentu saja, salah satu keunggulan utama dari tanaman palsu adalah keawetannya. Tidak seperti tanaman hidup, "tanaman" ini tidak akan mati. Anda hanya perlu membersihkannya secara berkala dan warna-warni tanaman tersebut kembali bersinar seperti semula.

Kemungkinan, Anda perlu menggantinya setelah beberapa bulan hingga beberapa tahun. Namun, jangka waktunya tentu jauh lebih lama dari tanaman asli.

Mudah perawatannya

Satu-satunya hal yang dapat Anda khawatirkan adalah kemungkinan debu menumpuk pada "tanaman" tersebut. Berbeda dengan tanaman asli, untuk "merawat" tanaman palsu Anda hanya perlu menggunakan kain yang telah Anda basahi. Bila perlu, gunakan cairan pembersih khusus tanaman palsu.

Relatif lebih murah

Karena tidak membutuhkan perawatan khusus seperti pupuk atau penyiraman rutin, tanaman palsu akan menghemat biaya Anda. Anda juga tidak perlu secara berkala membersihkan lantai rumah karena kotoran dari tanaman dan sisa air penyiraman.

Lebih bersih

Dengan tanaman palsu, Anda tidak akan menemukan daun atau kelopak bunga berguguran. Anda juga tidak akan menemukan adanya genangan air akibat penyiraman rutin di dalam rumah Anda seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Cocok di ruangan manapun 

Selain karena tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran, tanaman palsu dapat Anda letakkan di ruang mana pun karena ia tergolong aman. Tanaman ini tidak "menarik" serangga. Karena itulah, ia cenderung tidak memicu alergi bagi anak dan tamu Anda. Anda dapat menempatkannya di ruangan apa pun, bahkan di kamar anak Anda dan ruang tamu.

"Hidup" di akuarium

Tanaman artifisial atau tanaman palsu ini juga bisa Anda tempatkan di dalam akuarium. Tanaman ini tidak akan mempengaruhi level oksigen di dalam akuarium, tidak membawa parasit, mudah dibersihkan, dan tidak membutuhkan pencahayaan khusus. Dengan tanaman palsu, Anda dapat berkonsentrasi penuh pada perawatan ikan-ikan Anda.

Namun, meskipun memberikan beberapa keuntungan bagi Anda, tanaman palsu tidak dapat menyerap karbondioksida dan tidak melepaskan oksigen untuk ikan-ikan Anda. Tanaman palsu juga tidak mampu menyerap racun, serta "berfungsi ganda" sebagai makanan ikan. Selain itu, tidak seperti tumbuhan hidup, tumbuhan artifisial tidak mampu "menjaga" bakteria yang membantu mengurai kotoran.

Selamat mencoba!

(Sumber: www.stumbleupon.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com