Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geser Hongkong, Sewa Perkantoran di London Termahal di Dunia!

Kompas.com - 22/02/2013, 11:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya sejak 2008 lalu, London melewati Hongkong di peringkat pertama kenaikan harga sewa perkantoran paling mahal di dunia. Khususnya kawasan West end, London, menjadi lokasi pasar perkantoran termahal di dunia, mengungguli perkantoran-perkantoran di kawasan central business district (CBD) Hongkong. 

Demikian hasil riset "Office Space Across the World 2013" yang baru diterbitkan Cushman & Wakefield. Dalam siaran pers ke Kompas.com di Jakarta, Jumat (22/2/2013), laporan tersebut menggarisbawahi kurang tersedianya ruang perkantoran berkualitas di London sehingga menimbulkan kompetisi ketat dan menuntut konsekwensi kenaikan harga sewa sebesar dua persen.

Ketatnya persaingan dan kenaikan harga itu membuat lokasi perkantoran di kawasan West End menjadi termahal di dunia dan mendorong turun pamor CBD Hongkong ke posisi kedua. Adapun daerah Zona Sul di Rio de Jeneiro naik dari peringkat 8 menjadi termasuk tiga besar lokasi perkantoran termahal. Hal ini juga diakibatkan peningkatan harga sewa sebanyak 43 persen dibandingkan pada 2011 lalu.

Secara Global, pasar perkantoran naik sebesar 3 persen pada 2012 lalu. Tetapi, hal ini banyak dipacu karena peningkatan yang sangat impresif di Amerika Selatan, terutama Brasil dan Kolombia. Tetapi, walaupun harga sewa meningkat secara global, banyak negara masih menderita karena perekonomian tidak menentu dan ini meningkatkan sikap hati-hati dari para penyewa.

Cushman & Wakefield menyatakan, bahwa perusahaan-perusahaan akan secara pro-aktif berusaha mengurangi biaya sewa ruang perkantoran karena prospek perekonomian global yang tetap tidak menentu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com