Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Tak Pernah Bohong

Kompas.com - 22/02/2013, 10:14 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda ingin berinvestasi, tampaknya Anda harus belajar dari pemuda ini. Ia tidak melihat bobroknya bangunan pada saat membelinya, namun ia melihat potensi di balik lokasi bangunan tersebut.

Pemuda tersebut bernama Adam Wooler. Ia menginvestasikan uangnya "hanya" sebesar 6500 poundsterling atau kurang lebih Rp 95 jutaan untuk sebuah gubuk yang dia gunakan ketika magang sebagai petugas keselamatan pantai. Berkat kecerdikannya memilih investasi, setiap tahun Wooler mendapatkan sekitar Rp 1,4 miliar dari investasinya itu.

Wooler membeli bangunan kecil di atas tebing setinggi 91,44 meter yang berada di daerah Whitsand Bay di Cornwall. Bangunan tersebut kemudian ia dandani dan "disulap" menjadi tempat peristirahatan ideal di atas tebing.

Wooler, pria yang kini berumur 47 tahun, melihat adanya kesempatan besar ketika masih berada di bangku kuliah. Ketika itu, ia tengah mengenyam pendidikan di Plymouth University.

Tak banyak yang Wooler lakukan dengan properti barunya setelah ia membeli properti tersebut. Namun, setelah menikahi Katherine, pasangan ini kemudian sepakat menginvestasikan 100.000 poundsterling untuk memperbaiki "gubuk" di atas bukit milik Wooler.

Investasi yang tepat

Setelah perbaikan, rumah peristirahatan yang dihargai Rp 22 juta hingga Rp 42,7 juta per minggu tersebut laku keras. Tingkat okupansi rumah tersebut mencapai 80 persen. Sekurang-kurangnya, pasangan ini menuai Rp1,4 miliar pertahun.

"The Edge", begitu nama yang diberikan pasangan ini pada rumah tersebut, hampir selalu penuh pada musim panas dan musim semi.

"Awalnya, tempat ini hanya gubuk kayu di atas tebing, dengan satu kamar dan kloset luar ketika saya membelinya," ujar Wooler.

"Saya tinggal di dalamnya selama 18 bulan dan hampir tertiup angin sebanyak beberapa kali. Saya meninggalkan tempat tersebut selama 25 tahun dan tidak mampu melakukan apapun padanya. Hingga 18 bulan yang lalu kami berhasil mendapatkan dana dan izin membangun untuk melakukan sesuatu dengan rumah tersebut," tambahnya. 

Kini, The Edge bukan lagi gubuk berkamar satu. Sekarang The Edge memang masih memiliki satu kamar. Namun, ia juga memiliki ruang bersantai dan kamar mandi dalam ruangan dengan kayu cedar ramah lingkungan.

Baca juga: Bangkrut? Pamela Anderson Jual Rumah Mewahnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com