Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Rambat, Jangan Sembarang Dibabat!

Kompas.com - 15/02/2013, 13:42 WIB

KOMPAS.com - Tanaman rambat memiliki nilai estetika tersendiri saat diaplikasikan langsung pada hunian. Anda perlu tips jitu untuk merawatnya! 

Namun, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal penting seputar perawatannya. Hal pertama adalah mengenali jenis tanaman rambat yang Anda beli. Apakah tumbuh di dataran tinggi atau rendah? Apakah membutuhkan perawatan khusus? Hal tersebut penting agar Anda paham jenis perawatan tepat untuk tanaman Anda.

Tanaman rambat yang sering dipangkas biasanya akan lebih rimbun dan lebat. Namun, Anda juga perlu perhatikan, bahwa ada beberapa jenis tanaman yang tidak boleh dipangkas. Anda cukup merapikan sisi-sisi area rambatan agar terlihat lebih rapih dan cantik.

Beri pupuk agar tanaman tumbuh subur. Ada baiknya Anda menggunakan jenis pupuk kandang. Sementara untuk suplai airnya, pastikan untuk melakukan penyiraman 1-2 kali dalam sehari. Jangan sampai tanah terlalu basah, Anda hanya perlu menjaga kelembapan tanah tanpa harus menggenanginya.

Perhatikan juga media tanamnya. Pastikan untuk memilih pot yang agak besar agar dapat mengakomodasi kebutuhan akan ruang tumbuh. Perhatikan tingkat keasaman tanah. Kadar yang ideal adalah dengan pH di angka 7.

Selamat merawat tanaman Anda! (Febrina Syaifullana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com