Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicil Bersih-bersih Rumah untuk si Sibuk

Kompas.com - 01/02/2013, 11:56 WIB

KOMPAS.com - Anda tidak perlu berada di rumah selama 24 jam untuk membuat rumah selalu bersih dan teratur. Bagi yang sangat sibuk bekerja, Anda dapat "mencicil" sedikit demi sedikit dan menerapkan gaya hidup bersih di rumah. Dengan cara ini, rumah akan selalu terlihat rapih tanpa perlu memakan banyak waktu dan kerja keras.

Kunci utamanya memang menciptakan rutinitas baru. Pertama-tama, cobalah melakukan sesuatu yang berefek baik untuk kerapihan rumah Anda. Anda tidak perlu membersihkan seluruh rumah, lakukan hal-hal kecil ini di sela-sela kegiatan Anda:

Pagi hari

Setiap pagi, Anda bisa membereskan tempat tidur selagi berada di atasnya. Mungkin terdengar tidak biasa, namun langkah ini efektif.

Sebelum Anda bangun dari tempat tidur, lakukanlah peregangan dengan membuka-tutup tangan dan kaki Anda. Dengan gerakan ini, Anda membuat seprai dan selimut kembali rapih.

Setelah itu, buatlah kopi atau teh dan sarapan Anda. Selagi memasak air, bersihkan piring yang menumpuk di cucian piring Anda. Selain langkah ini, cobalah untuk selalu mencuci piring Anda setelah makan. Jangan sampai membiarkan piring Anda menumpuk.

Setelah Anda mandi pagi, Anda akan melihat kaca di kamar mandi penuh uap. Gunakan sedikit waktu Anda untuk mengelap wastafel dan cermin di ruangan ini. Gunakan lap berserat mikro (microfiber) untuk membuat kamar mandi selalu mengkilap. Jangan lupa, sediakan alat dan bahan-bahan pembersih di kamar mandi Anda.

Sore hari

Pada sore hari, saat Anda baru pulang dari kantor, segera letakkan sepatu, jaket, dan barang-barang Anda lainnya pada tempatnya. Selanjutnya, setelah menyantap makan malam, bersihkan kompor Anda dengan mengelapnya.

Gunakan pembersih khusus dapur yang mampu menghilangkan minyak dengan cepat. Jangan lupa, keluarkan juga sampah dari dapur Anda.

Sebelum tidur, periksa kembali barang-barang yang menumpuk di rumah Anda. Kembalikan barang-barang tersebut pada tempatnya. Letakkan baju di lemari atau di tempat cuci. Selain itu, kembalikan buku-buku dan majalah yang sudah selesai Anda baca pada tempatnya.

Di akhir pekan Anda dapat melakukan beberapa kegiatan bersih-bersih "tambahan" seperti mengepel lantai, mengelap debu, membersihan kamar mandi, atau membersihkan isi lemari es. Jadi, tak perlu menunggu libur panjang, atau bahkan cuti, kan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com