Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Terjebak di Rumah Sendiri!

Kompas.com - 14/01/2013, 19:40 WIB

KOMPAS.com - Mendekorasi ruang keluarga kemungkinan besar dapat kita masukkan dalam kategori "susah-susah gampang". Di satu sisi ruang keluarga dapat menjadi ruang yang nyaman untuk bercengkerama bersama seluruh anggota keluarga, di sisi lain ruang keluarga dapat "berubah" menjadi ruang yang dingin dan hanya menjadi tempat Anda "memajang" sofa.

Menulis rencana

Untuk itulah, Kippie Leland, desainer interior Nashville mengatakan, bahwa sebaiknya Anda menulis semua rencana Anda. Hindari ruang keluarga yang tidak dapat mengakomodasi kebutuhan keluarga Anda. Anda bisa merencanakannya dengan baik dan menganalisa bagaimana biasanya Anda menghabiskan waktu di ruang keluarga.

"Hal ini akan membantu Anda menentukan prioritas pada saat merencanakan furnitur," ujar Leland.

Lalu lintas dan alur

Kemudian, setelah membuat perencanaan atau rancangan (layout), ada baiknya Anda memikirkan lalu lintas dan alur Anda dalam ruang keluarga tersebut. Cobalah menjawab beberapa pertanyaan seperti, bagaimana Anda memasuki ruangan tersebut atau bagaimana Anda bergerak di antara kursi-kursi di ruang tamu Anda?

"Anda tidak akan ingin merasa terjebak atau justru harus mengitari seluruh ruangan untuk masuk dan keluar ruangan tersebut," ujar desainer interior asal Minneapolis, Amerika Serikat, Lucy Penfield.

Sebaiknya, Anda jangan meninggalkan terlalu banyak ruang di antara tempat duduk. Hal ini berfungsi agar percakapan dapat mengalir dengan mudah di antara anggota keluarga Anda.

Posisi perabotan

Setelah selesai dengan tahap perencanaan dan membayangkan visi Anda terhadap ruang keluarga di rumah Anda, kini waktunya Anda mengatur posisi perabotan. Perlu diketahui, bahwa semua orang memiliki kesukaan pribadi ketika tiba pada proses pengaturan posisi furnitur. Sementara sebagian lainnya senang membuat rencana pada setiap detail.

Bagi orang-orang seperti itu, Leland menganjurkan agar memulai dengan menggambar ruang, mengukur furnitur yang sudah ada, serta membuat versi cut out-nya. Fungsi miniatur ini akan memudahkan Anda mengatur penempatan furnitur sebelum memindahkan furnitur aslinya.

Sedikit tips untuk Anda agar mencoba menjaga jarak sekitar setengah meter antara sofa dengan meja kopi. Pastikan Anda memiliki ruang untuk berjalan sebesar setengah hingga satu setengah meter.

"Jangan letakkan sofa membelakangi pintu masuk," ujar desainer interior asal Colorado Andrea Schumacher.

"Seharusnya, perabotan di dalam ruangan disusun dengan baik sehingga seseorang dapat masuk dan keluar ruangan dengan mudah," tambahnya. 

Ukuran furnitur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com