Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Shard, WC dengan Pemandangan Luar Biasa!

Kompas.com - 11/01/2013, 14:57 WIB

KOMPAS.com - Pemandangan indah tidak harus menjadi "pemanis" bagi sebuah restoran atau penginapan berbintang lima. Pemandangan indah juga bisa diperoleh dengan memuaskan hanya dari jendela WC.

Setidaknya, indahnya pemandangan itu dengan mudah dan nyaman dinikmati di banyak WC yang ada di gedung-gedung pencakar langit. Untuk dapat "menikmati" pemandangan sambil "melakukan panggilan alam", Anda dapat mengunjungi gedung pencakar langit tertinggi kedua di London.

The Shard, yang sebelumnya dikenal dengan London Bridge Tower, merupakan gedung setinggi 95 lantai atau 309 meter. WC di The Shard sendiri berada di lantai 68 gedung tersebut atau setinggi 243 dari permukaan tanah.

"Ini adalah satu-satunya tempat di mana Anda dapat melihat seluruh London, dan ini adalah awal untuk menjelajahi seluruh ibukota Inggris," ujar Kepala Eksekutif The View from the Shard, Andy Nyberg.

Mengenai "WC berpemandangan luar biasa" ini, juru bicara The View from the Shard mengatakan, toilet utama The View from the Shard berada di lantai pertama dari atraksi ini. Dia menuturkan, ada 'WC berpemandangan' dengan jumlah terbatas di lantai 68.

"WC ini khusus bagi mereka yang membutuhkan, namun biasanya tidak dibuka untuk umum," ujar juru bicara tersebut. 

Sejak 1 Februari mendatang, penduduk London dan turis yang mengunjungi kota tersebut dapat merasakan atraksi baru ini. Di dalam gedung pencakar langit bernama The Shard, Anda bisa melihat seluruh London dengan menggunakan sebuah teleskop khusus.

Atraksi bernama "The View from The Shard" atau "Pemandangan dari Shard" tersebut membuat para pengunjung dapat menikmati pemandangan London yang membentang sejauh 64 kilometer. Tidak mengherankan, tentu saja, karena The Shard merupakan gedung pencakar langit setinggi 309 meter.

Sampai saat ini, gedung tersebut masih lebih tinggi dari gedung-gedung di sekitarnya. Dengan menggunakan teleskop bernama "Tell: scope", Anda tidak hanya mampu melihat lebih jelas gedung-gedung di London. Teleskop ini juga mampu memberikan Anda gambar gedung tersebut ketika subuh, senja, malam, dan bahkan memberikan informasi mengenai gedung tersebut.

Sayangnya, untuk bisa menikmati pemandangan spektakuler ini, Anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Untuk satu orang dewasa, Anda harus membayar 24,95 poundsterling atau setara dengan Rp 389.871 dan 18,95 poundsterling atau sekitar Rp 296.114 untuk anak-anak.

The Shard merupakan bagian dari pengembangan kembali area London Bridge dengan anggaran sebesar 2 miliar poundsterling. Bangunan berbentuk limas segitiga tersebut juga memiliki 55.741 meter persegi ruang kantor dan tiga lantai restoran. Pada musim panas tahun ini, sebanyak 200 kamar hotel Shangri-La akan dibuka di gedung tersebut.

Anda tertarik mencoba?

Baca juga: Upsss...Toilet Tembus Pandang Gegerkan New York!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com