Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tom Ryaboi, "Membunuh Vertigo" Demi Karya-karya Mengagumkan

Kompas.com - 03/01/2013, 13:47 WIB

KOMPAS.com - Jika Anda berpikir berjalan di sepanjang tepian gedung-gedung pencakar langit tanpa pengaman bisa membuat Anda pusing dan mual-mual, mungkin ini saatnya Anda berpaling dan pergi menjauh. Tom Ryaboi, seorang fotografer yang terkenal nekad, menjepret langit Toronto dari gedung-gedung pencakar langit tertinggi di kota itu untuk membuktikan keahliannya memotret dan menghasilkan karya-karya mengagumkan.

Ryaboi memang salah satu pioner fotografi yang bisa bikin detak jantung berhenti sekejap melalui caranya bergerak di atap-atap pencakar langit Toronto. Untuk mencapai kemampuannya, Ryaboi seringkali menghindari para sekuruti gedung atau anjing penjaga keamanan gedung, bahkan masyarakat urban yang merasa gedungnya "terganggu" oleh ulahnya.

Fotografer berusia 28 tahun asal Toronto, Kanada ini, telah memanjat lebih dari 100 gedung pencakar langit dan memproduksi serta memamerkan hasil jepretannya yang menakjubkan sekaligus "gila". 

"Ini (memanjati gedung-gedung pencakar langit) memang membuat ketagihan dan saya selalu mencari gedung-gedung yang lebih tinggi di kota ini. Tapi, saya masih senantiasa gugup tiap kali mencapai puncak gedung dan merasakan hembusan angin di situ. Ini benar-benar menguras adrenalin," kata Ryaboi soal alasannya selalu memanjat gedung-gedung tinggi itu.

"Satu hari, ketika saya masih kecil, ayah saya pulang kerja dan mendapati saya duduk di atas kulkas. Semua bingung, bagaimana saya bisa sampai ke tempat itu. Yang pasti, dari situ diketahui kalau saya suka memanjat apa saja," ucapnya. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com