Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asal Tahu Caranya, Tak Perlu Jauh-jauh Meditasi!

Kompas.com - 15/08/2011, 12:32 WIB

KOMPAS.com - Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini tentu Anda membutuhkan suasana tenang untuk melatih pengendalian diri. Agar suasana hari lebih rileks, Anda tidak perlu jauh-jauh melangkahkan kaki ke tempat berlatih yoga atau bahkan terbang ke India ala "Eat, Pray, and Love".

Tekanan hidup sehari-hari mungkin menjadi pemicu Anda untuk berusaha "melarikan" diri ke suatu tempat sunyi agar tak memperoleh gangguan. Boleh-boleh saja, tentunya. Namun, menurut beberapa profesional zen meditasi, ada langkah sederhana dan lebih terjangkau untuk membuat otak Anda rileks.

Clodagh, seorang desainer interior berbasis di New York City, misalnya mengatakan bahwa zen atau meditasi yang benar sangat menciptakan kenyamanan. Ia bilang, kamar tidur menjadi pilihan tepat untuk Anda "melarikan diri" dengan cara meditasi.

Elemen kamar sangat sesuai untuk mendukung keintiman Anda dengan pikiran. Hal ini karena ruangan menjadi tempat Anda kerap berdiam diri paling lama dibandingkan ruangan-ruangan lainnya di rumah Anda.

"Untuk membuat ruang zen, di mana Anda dapat berpikir tenang dan damai, maka hal pertama perlu Anda lakukan adalah menyingkirkan banyak hal. Termasuk melapangkan ruangan tidur Anda agar energi negatif menghilang," ujar Clodagh seperti dilansir di Hgtv.com.

Nah, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menyulap kamar tidur sekaligus menjadi ruang meditasi yang dapat mendorong energi positif serta memicu suasana damai:

Minimalkan barang eletronik

Sebisa mungkin, jauhkan benda-benda elektronik seperti radio, komputer, atau TV di kamar tidur Anda. Ini untuk menjaga hal-hal terkait listrik dan elektronik banyak keluar dari ruang meditasi Anda.

Selamat tinggl warna cerah!

Warna-warna cerah dapat mengganggu konsentrasi, sehingga sebaiknya Anda tidak memadukan warna-warna mencolok di kamar tidur Anda. Berdasarkan penelitian para ahli, warna yang berefek pada ketenangan jiwa adalah hijau lembut, biru laut, warna pasir dan beiges (bahan wol halus) yang netral dari warna dasar bumi. Sedangkan interior Jepang, sering digunakan aksen kayu hitam atau cokelat gelap untuk menandai tempat bermeditasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com