Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hushhh... Ini Ruang Tamu, Bukan Taman Bermain!

Kompas.com - 13/07/2011, 18:50 WIB

KOMPAS.com - Mengubah warna cat dapat memperbarui tampilan ruang tamu atau rumah Anda secara keseluruhan. Namun, sebelum memulai mengutak-atiknya dengan warna baru, ada baiknya mempelajari terlebih dulu padanan warna secara umum.

Anda sebaiknya memang mengetahui lebih dulu bermacam warna lengkap dengan turunannya. Hal ini akan memudahkan Anda memilih kombinasi warna yang tepat sehingga rumah tidak terlihat terlalu berwarna, bak taman bermain anak.

Warna utama

Pilih satu warna yang menjadi warna utama sebagai warna paling mencolok di antara warna lainnya. Ini akan menjadi identitas di ruang tamu Anda, sehingga tampak kesinambungan antara ruangan satu dengan yang lain.

Warna Pembangkit Suasana

Pilihan warna juga bisa digunakan untuk membangkitkan suasana di ruang tamu. Warna kuning, misalnya. Di ruang makan, warna ini akan menimbulkan suasana yang ceria.

Sementara itu, Anda bisa memilih warna biru di kamar tidur dapat membangkitkan suasana tenang. Khusus di ruang tamu, tentu saja pilihannya adalah warna-warna yang bisa membangkitkan keakraban dan memberi kesan bagi tamu Anda untuk betah berlama-lama di ruangan ini (Warna Ruang Tamu dan Simbol Kepribadian Anda).

Teori 60-30-10

Ada baiknya Anda mencoba Teori 60-30-10 ini, yaitu teori komposisi warna dalam suatu ruangan. Yaitu, 60 persen untuk warna utama, 30 persen warna kombinasi, dan komposisi 10 persen untuk warna sentuhan atau kombinasi lain. Hanya, perlu diingat, jangan biarkan tren dekor menyetir Anda. Tetaplah sesuaikan warna cat dengan kebutuhan serta keadaan rumah Anda.

Komposisi 10 persen itu misalnya, Anda bisa gunakan untuk menyelipkan warna-warna yang tengah menjadi tren saat ini. Tapi, jangan lupa, tetap cirikan pribadi Anda melalui kombinasi pilihan warna yang anda terapkan.

Nah, selamat menikmati hasil karya Anda! (M10-11/KUN AGUNG)

(Sumber: hgtv.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com