Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Tingkatkan Ritel Indonesia, China, dan India

Kompas.com - 13/06/2011, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsultan properti Cushman and Wakefield memaparkan, bahwa prospek sektor ritel di Indonesia, China, dan India menunjukkan peningkatan karena kuatnya faktor pariwisata dan tingkat konsumsi di kawasan tersebut.

"Sektor properti ritel menarik para investor secara signifikan di 2010 dan kuartal I - 2011. Penyebabnya perbaikan sektor pariwisata antarnegara Asia, juga tingginya konsumerisme terutama di China," kata Handa Sulaiman, Executive Director Cushman and Wakefield Indonesia, di Jakarta, Senin (13/6/2011).

Peningkatan pasar ritel di tiga negara ini juga disebabkan oleh ekspansi para peritel lewat aset-aset mereka. Peritel dimulai dari jenis makanan, mode dan busana, peritel barang-barang konsumen yang bergerak cepat sampai barang-barang mewah.

Didukung fundamental yang kuat, pembelian aset-aset sektor ritel tetap aktif pada 2011. Untuk catatan transaksi di kawasan Asia Pasifik mencapai 4,6 Miliar Dollar AS pada kuartal pertama 2011.

Catatan tersebut jauh di atas volume pada umumnya yang sebesar 4,3 Miliar Dollar AS pada periode yang sama sejak 2007. Sektor lain incaran para investor adalah sektor properti perhotelan.

"Aset properti sektor perhotelan akan menjadi pertimbangan para investor karena peningkatan tren pariwisata domestik dan internasional," kata Handa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com