Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bone Balango Bakal Jadi Kota Satelit Baru di Gorontalo

Kompas.com - 12/05/2011, 17:05 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Menpera Suharso Monoarfa melakukan pencanangan pembangunan kawasan siap bangun (Kasiba) seluas 500 hektar untuk sekitar 5.000 unit rumah di Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Pembangunan Kasiba tersebut diharapkan dapat menampung 15.000 penduduk dan menjadi kota satelit baru di Gorontalo.

“Pencanangan Kasiba di wilayah Bone Bolango untuk 5000 unit rumah ini diharapkan dapat memunculkan sebuah komunitas baru dan menampung sekitar 15.000 penduduk,” ujar Suharso Monoarfa di Bone Bolango, Gorontalo beberapa waktu lalu.

Suharso Monoarfa menjelaskan, saat ini jumlah Kasiba di Indonesia memang belum terlalu banyak. Oleh karena itu, dirinya sangat bersyukur bisa mencanangkan Kasiba untuk kawasan perumahan dan permukiman di Gorontalo.

Suharso Monoarfa optimistis Kasiba di Kabupaten Bone Bolango ini bisa lebih dikembangkan menjadi kota satelit baru. Adanya pembangunan jalan lingkungan, drainase, pemancangan tiang listrik, pembangunan saluran air minum dan saluran air buangan yang tertata dengan baik dapat membuat Kasiba ini ke depan menjadi sebuah kota satelit. Untuk itu, dirinya meminta pemerintah daerah setempat untuk memberikan perhatian khusus mengingat kebutuhan rrumah bagi masyarakat akan terus meningkat.

“Adanya Kasiba ini menunjukkan adanya perhatian Pemda terhadap kebutuhan lahan untuk perumahan bagi masyarakat. Saya juga minta kalau Pemda memiliki sisa anggaran lebih jangan dibelanjakan tidak karuan. Belanjalah tanah sebab itu tanah itu tidak akan pernah bertambah dan bisa dibukukan dalam neraca daerah kekayaan daerah menjadi Barang Milik Daerah,” katanya.

Suharso Monoarfa juga mengingatkan agar pembangunan perumahan tidak mengikis lahan-lahan yang produktif yang bermanfaat bagi masyarakat. Dalam hal pembangunan kasiba, Kemenpera juga akan membantu pembangunan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) dan melakukan bedah kampung nelayan sehingga mampu membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Plt.Bupati Bone Bolango, Hamim Pou menyatakan, sebagian besar masyarakat di Kabupaten Bone Bolangi belum memiliki rumah yang layak huni. Secara keseluruhan jumlah penduduk yang menempati rumah berjumlah 22.529 KK. Rata - rata satu rumah dihuni oleh 2 KK.

Berdasarkan data hingga tahun 2010 lalu, kondisi fisik bangunan rumah di Bone Bolang terbagi menjadi tiga. Pertama, rumah permanen berjumlah 14.900 unit rumah, rumah semi permanen 7.027 unit, dan rumah tidak Permanen sebanyak 700 rumah. Saat ini masih terdapat hampir 13.000 rumah yang dihuni lebih lebih dari 1 KK dan 9700 rumah yang dihuni oleh 1 KK.

“Kami sangat berterimakasih atas pencanangan Kasiba Perumahan ini. Dan desain perencanaan Kasiba ini dilakukan oleh Pemkab Bone Bolango sejak tahun 2007 lalu dengan dukungan pihak Kemenpera,” terangnya. (*KSP) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com